*Sidoarjo Siap Jadi Tuan Rumah Pembukaan Porprov VIII Jatim 2023*

Spread the love

*Sidoarjo* ( Kompas86.com)

Kabupaten Sidoarjo didapuk menjadi salah satu tuan rumah Pekan Olahraga Provinsi Jawa Timur/Porprov Jatim ke VIII Tahun 2023. Persiapan pun tengah dilakukan dan terus mematangkan khususnya mempersiapkan sejumlah venue pertandingan. Kabupaten Sidoarjo sendiri ditunjuk menjadi tempat pembukaan Porprov Jatim ke VII yang digelar tanggal 9 September 2023. Pembukaannya akan dihelat di stadion Gelora Delta Sidoarjo. Kabupaten Sidoarjo menjadi tuan rumah bersama Kabupaten Mojokerto, Kota Mojokerto serta Kabupaten Jombang pada olah raga dua tahunan ini.

Siang kemarin, Bupati Ahmad Muhdlor Ali memimpin rapat persiapan Porprov Jatim di Delta Wicaksana Setda Sidoarjo, Senin, (5/6). Ia mengecek sejauh mana persiapan yang sudah dilakukan OPD terkait yang dipaparkan dalam rapat. Mulai dari Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata Sidoarjo terkait venue pertandingan serta dari KONI Sidoarjo terkait persiapan atlet sampai EO penyelenggaraannya. Ia ingin kejuaraan olahraga tingkat provinsi tahun ini berjalan sukses di Kabupaten Sidoarjo.

“Secara overall saya lihat semuanya sudah berjalan bagus, tinggal kita bersama-sama mensukseskannya demi nama baik kabupaten yang kita cintai bersama ini,”ucapnya usai melihat paparan dari berbagai berbagai pihak pelaksanaan Porprov Jatim tersebut.

Penyelenggaraan Porprov Jatim di Kabupaten Sidoarjo akan diikuti 22 Cabang Olahraga/Cabor. Antara lain Cabor Atletik, bola voly indoor, renang, bulutangkis, sepak bola, drumband, bridge, sepatu roda, panahan, berkuda, sepak takraw, bola tangan, senam, aeromodelling, angkat berat, angkat besi, bina raga, voli pasir, panjat tebing, futsal, bola basket dan tarung drajat.

Saat ini rehabilitasi venue pertandingan terus dilakukan. Sebelum hari H pelaksanaannya dipastikan siap digunakan. Utamanya rehabilitasi stadion Gelora Delta. Seperti rehab lintasan atletik dan rehab lampu stadion. Di luar stadion tidak luput dari pembenahan. Seperti penambahan lampu penerangan halaman parkir Timur GOR Sidoarjo.

Selain itu rehab lapangan voly pantai dan pemeliharaan stadion Jenggolo juga dilakukan. Pembangunan lapangan skateboard serta lapangan Cabor Pentaque didepan Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata Sidoarjo juga tengah dipersiapkan. Terdapat juga pembangunan fasilitas wall climbing speed di GOR Sidoarjo yang sedang dikerjakan. Rehabilitasi tersebut menelan anggaran hampir Rp. 17 milyar.

Pemkab Sidoarjo sedikit terbantu dengan Bantuan Keuangan/BK Pemprov Jatim untuk rehab lintasan atletik stadion Gelora Delta. Pemprov Jatim memberikan BK sebesar Rp. 3 milyar dari anggaran total rehab lintasan atletik sebesar Rp. 5 milyar.

Pemkab Sidoarjo juga akan mendirikan sekretariat besar (sekber) Porpov Jatim di pintu utama stadion Gelora Delta. Sekretariat tersebut sebagai pusat informasi pelaksanaan Porprov Jatim. Ditempat tersebut juga digunakan untuk koordinasi dan konsultasi pelaksanaan Porprov serta pelayanan administrasi.

Pada pembukaannya nanti dihibur music performance band Padi Reborn. Namun sebelumnya terdapat tari kolosal dari 700 penari yang akan dipadu dengan lighting yang memukau. Persembahan kolosal 700 penari tersebut bertajuk Sidoarjo Gemilang.

Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata Sidoarjo Joko Supriyadi mengatakan akan ada pengambilan api Porprov Jatim dari halaman Candi Pari Kecamatan Porong. Rencananya akan dilakukan bulan Agustus. Setelah itu, api Porprov akan dikirab menuju Kabupaten Mojokerto, kota Mojokerto dan Kabupaten Jombang. Dari Kabupaten Jombang, api Porprov kembali dikirab ke Grahadi.

“Dimungkinkan juga dilaksanakan kirab api porprov disetiap kecamatan di Kabupaten Sidoarjo,”ujarnya.

(Ujang)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *