PJS Toba Sambangi Desa Sigapiton, Pemkab Toba Agar Segera Perbaiki Akses Jalan

PJS Toba Sambangi Desa Sigapiton, Pemkab Toba Agar Segera Perbaiki Akses Jalan

KOMPAS86.com- Sabtu(18/06/2023).
Sambangi Desa Sigapiton Kecamatan Lumban Julu Kabupaten Toba yang merupakan salah satu Destinasi Parawisata Kawasan Danau Toba dan perioritas Parawisata Indonesia, Ketua PJS toba Berlin Marpaung bersama Penasehat Castell Siahaan dan pengurus Meninjau langsung wisata Kaldera dan Sigapiton, Berlin Mengatakan untuk wisata kaldera Sibisa Desa Sigapiton dan Hotel Labersa ditambah Bandara Sibisa Sudah Menunjukkan Kemajuan Wisata di Kecamatan Lunban Julu Toba. Untuk saat ini kawasan Sibisa sudah dalam pembangunan Hotel Berbintang, ini menunjukkan Parawisata sudah menyentuh dikawasan pedesaan tentu kawasan Sibisa akan cepat berkembang wisatanya. Bayangkan saja saat ini jalan sudah aspal sampai ke Ajibata tembus ke Parapat.

Ini sudah menunjukkan berkembangnya Daerah wisata di kawasan tersebut, kita mendengar informasi dari warga setempat nanti akan muncul juga hotel hotel yang berbintang lainnya tentu kami dari PJS Toba sangat mendukung perkembangan perkembangan parawisata dikawasan tersebut melalui media publikasi yang tergabung dalam PJS Toba. Harapan kedepan kawasan sibisa dengan destinasi wisata kaldera hotel berbintang bandara sibisa akan menambah taraf hidup ekonomi masyarakat sibisa tidak hanya lagi dari pertanian, dan juga untuk desa sigapiton, sirungkungon yang berada ditepi pantai akan turut terangkat juga parawisatanya walaupun akses jalan masi dalam kurang mendukung, akibat pandemi covid 19 yang lalu hingga tidak ada perbaikan jalan, semoga ditengah paska covid 19 anggaran dari kabupaten Kecamatan hingga Dana desa bisa berjalan normal kembali. Selaku penasehat Castell siahaan menambahkan, kawasan parawisata sibisa, sigapiton dan daerah lainnya bisa pulih cepat ekonomi masyarakat sekitaran, tadi saya melihat sesampai dikaldera ramai kunjungan bus parawisata dari luar daerah, tampak saya tadi ada 3 sampai 4 bus rombongan sekolah MPS ke kaldera Toba, tentu ini menunjukkan pulihnya kunjungan wisatawan di sekitar sibisa.

Saya berharap kedepan tidak hanya lagi masyarakat setempat memperoleh penghasilan dari pertanian saja tapi parawisata juga mayoritas saya lihat penduduk setempat bermarga manurung, sitorus, butar butar dan sirait, saya sendiri dari perantau sangat bangga melihat perkembangan parawisata dibona pasogit atau kampung halaman.

Kedepan DPC PJS Toba akan bersinergi membantu perkembangan parawisata, ucap Castell siahaan turut hadir Ketua bidang organisasi Sabar Sianturi, Josua napitupulu.

Kendala infrastruktur jalan berstatus jalan kabupaten tidak bisa menggunakan dana desa. Kami sangat berharap besar agar pemerintah kabupaten toba segera memperhatikan pengajuan yang sudah pernah diajukan agar segera di tindak lanjuti, pengajuan ini sudah berjalan dimasa dua kepemimpinan Bupati Toba, Pak Darwin Siagian dan Poltak Sitorus, tolonglah pak diperhatikan desa kami ini, kalau sudah musim hujan pasti longsor pak. kami sampai saat ini sangat berharap parawisata khususnya desa sigapiton bisa terangkat ekonomi, parawisata sampai saat ini juga wisatawan berdatangan hanya melalui dermaga sigapiton, ajibata, parapat. Kami memiliki 16 penginapan Home stay, mohonlah pemerintah bisa segera memperbaiki akses jalan yang sudah bertahun tahun hancur, tegas Hisar.

Sebelumnyapun sudah ada kunjungan Deputi Kemenko Maritim Dan Investasi didesa sigapiton. Dan mohon hasil pertemuan tersebut segera ditindak lanjuti, demi kemajuan desa Sigapiton Toba.#

Jurnalis Josua napitupulu
Editor Basa#

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!