Pemberangkatan Calon Jemaah Haji, Ini Pesan Bupati Toba

Pemberangkatan Calon Jemaah Haji, Ini Pesan Bupati Toba

BALIGE TOBA (SUMUT) KOMPAS86.com__,
Pemerintah Kabupaten Toba menyampaikan harapan agar para calon jemaah haji dari Kabupaten Toba dapat menjadi teladan saat melaksanakan ibadah haji.

Hal ini dikatakan Bupati Toba yang disampaikan Asisten Pemerintahan, Eston Sihotang saat Acara Tepung Tawar Pemberangkatan 4 calon jemaah haji asal Kabupaten Toba yang digelar di Masjid Al Hadhonah, Balige, Kamis (16/05/2024).

Menurut Bupati Toba, kegiatan pemberangkatan ini bertujuan untuk mendapat rida dari Allah SWT, terhindar dari marabahaya dan mendapat rahmat yang berkesinambungan.

“Kegiatan ini juga bagian dari mendoakan ajaran bapak ibu calon jemaah haji mendapat keselamatan dan kekuatan sehingga dapat menjalankan seluruh rangkaian ibadah haji di tanah suci,” tuturnya.

‘”Atas nama Pemerintah Kabupaten Toba, saya mengucapkan selamat menjalan ibadah haji pada tahun 2024. Ibadah haji adalah salah satu rukun Islam yang wajib dilakukan bagi yang mampu. Oleh karena itu, bapak ibu patut berbangga dan bersyukur mendapat kesempatan untuk dapat melaksanakan ibadah haji karena belum tentu semua orang mendapat kesempatan yang sama,” sambungnya .

Dipesankan beberapa hal sebagai berikut, pertama, tingkatkan semangat beribadah, bergiatlah secara ikhlas bahwa ibadah haji yang dilakukan hanya untuk Tuhan Allah SWT. Kedua, tetap menjaga kesehatan fisik dan batin, bukan hanya batin yang harus dipersiapkan, fisik yang sehat dan kuat diperlukan untuk memaksakan seluruh rangkaian ibadah haji. Perbanyak minum air putih, dan konsumsi makanan yang bergizi.
Yang ketiga, bapak ibu adalah duta bangsa dan daerah Kabupaten Toba. Oleh karena itu, jagalah nama baik negara kita, nama baik kita yang di Kabupaten Toba yang kita cintai ini.

“Mari kita tunjukkan kepribadian kita khususnya kepribadian Batak Naraja dimana pun kita berada,” ucapnya.

Hal keeempat, semoga bapak ibu sekalian diterima oleh Allah SWT menambah pahala dan semoga selesai ibadah haji nantinya, bapak ibu memperoleh pengampunan dosa dari Allah SWT menjadi panutan bagi masyarakat Muslim di Kabupaten Toba.
Dan yang terakhir, tidak lupa untuk mendoakan Kabupaten Toba agar segala program yang sedang dikerjakan maupun yang akan dikerjakan ke depan diberikan kemudahan oleh Allah SWT sehingga pembangunan dapat terlaksana dan menjadi kemajuan Kabupaten Toba yang kita cintai.

Diharapkan seluruh calon jemaah dari Kabupaten Toba dapat melaksanakan rangkaian pelaksanaan ibadah haji dengan sebaik-baiknya dan kembali ke tanah air dalam keadaan sehat walafiat.

Kepada panitia, penyelenggara ibadah haji Tahun 2024, diucapkan mengapresiasi atas segala upaya persiapan yang telah dilakukan.

“Selamat menunaikan ibadah haji tahun 2024 dan dengan mengucap syukur kepada Allah SWT bapak ibu jemaah haji Kab. Toba Tahun 2024 resmi saya berangkatkan,”tuturnya mengakhiri.

Calon jemaah haji asal Kabupaten Toba Tahun 2024 yaitu Shofhan Ahmadi Nasution, M.Si, Preddi Simatupang, Macran Efenta Harahap, dan Irma Masitoh Cibro . Semuanya berasal dari Kecamatan Balige.

Sebagai tradisi yang unik, peserta calon jemaah haji diantar dengan diarak berjalan kaki dari Masjid Al-Hadhonah hingga ke sekitar jembatan Juara Monang Balige. Dari sini rombongan akan melanjutkan naik mobil menuju Medan.

#(Josua napitupulu)#

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!