Pembangunan RSUD Kabanjahe TA 2024, Capai Anggaran 9 Milyar, Masuk Dalam Tahap Ruang Poli

Pembangunan RSUD Kabanjahe TA 2024, Capai Anggaran 9 Milyar, Masuk Dalam Tahap Ruang Poli

KARO (SUMUT) KOMPAS86.com__,
Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karo melalui Dinas Kesehatan Kabupaten Karo, bangun Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabanjahe di Jl. Kiras Bangun, Desa Rumah Kabanjahe, Kec.Kabanjahe, Kab. Karo.

Menurut Undang-undang Republik Indonesia No. 44 tahun 2009, Rumah Sakit adalah institusi pelayanan kesehatan yang menyelenggarakan pelayanan kesehatan perorangan secara paripurna yang menyediakan pelayanan rawat inap, rawat jalan dan gawat darurat.

Berdasarkan hal tersebut, Dinas Kesehatan Kabupaten Karo berupaya meningkatkan kondisi Sarana dan Prasarana di bidang Kesehatan salah satunya menyiapkan pembangunan RSUD Kabanjahe melalui jasa pemborongan kontraktual.

Sebelumnya, pada tanggal 13 Februari 2024 lalu, Kompas86.com telah memberitakan keberadaan RSUD Kabanjahe yang sudah ada selama ini tepatnya di Jl. Kapten Selamat Ketaren, Kota Kabanjahe, masih berada di lahan milik pihak ketiga (Moderamen GBKP).

Berdasarkan hal tersebutlah Pemkab Karo melalui Dinas Kesehatan Kabupaten Karo di tahun 2023 telah membangun ruang IGD dan Laboratorium lantai 1 dengan pondasi untuk lantai 3.

Oleh karena hal itu, di tahun 2024, Dinas Kesehatan Kabupaten Karo akan melaksanakan pembangunan ruang Poli Rawat Jalan lantai 1 dengan pondasi 3, yang dilakukan karena ketersediaan anggaran.

Melalui Sumber Dana, kegiatan ini di danai oleh APBD Kab. Karo Tahun Anggaran 2024, dengan pagu anggaran Rp. 9.000.000.000,- (Sembilan milyar rupiah) dengan nilai Hasil Perkiraan Sendiri (HPS) Rp. 8.999.738.400 (Delapan milyar sembilan ratus sembilan puluh sembilan juta tujuh ratus tiga puluh delapan ribu empat ratus rupiah).

Adapun pelaksanaan pekerjaan yang akan dilakukan yaitu, survey lapangan, penyiapan lokasi, pelaksanaan pekerjaan sesuai gambar rencana dan RAB serta RKS.

Diketahui, waktu pelaksanaan kegiatan ini diperkirakan selama 140 hari kalender dan masa pemeliharaan 180 hari kalender.

Atas hal tersebut, saat dikonfirmasi Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Dinas Kesehatan Kab. Karo TA 2024, Eka Karya Lase, S. Farm, membenarkan terkait pembangunan yang akan dilakukan.

“Ya benar pekerjaan tersebut akan kita laksanakan pada tahun ini. Namun, sekarang masih dalam proses tender.” ujar Eka pada Kompas86.com Rabu, (03/07/2024).

#(Yogi Barus)#

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!