Menjadi Calon Wali Nagari Bawan Termuda, Berikut Visi Misi Arif Eka Putra

Menjadi Calon Wali Nagari Bawan Termuda, Berikut Visi Misi Arif Eka Putra

 

KOMPAS86.com – Pemilihan Wali Nagari Bawan untuk masa jabatan 2023-2029 segera dihelat Juli bulan depan, Panitia Pemilihan Wali Nagari Bawan telah mengumumkan secara resmi empat orang calon Wali Nagari yaitu, Arif Eka Putra, Fajri Dt. Rangkayo Kaciak, Abdul Rahman dan Joni Hidayat, dari ke empat calon kami berkesempatan mewancarai salah satu Calon yang merupakan tokoh muda yang berpengalaman, Arif Eka Putra S. Sn yang secara umur juga tercatat sebagai calon termuda dari 3 Calon lain yang ikut gelaran Pemlihan Wali Nagari, Berikut Profile dan Visi Misinya.

Arif yang merupakan Putra asli Nagari Bawan ini lahir Pada tanggal 30 Juni 1991, merupakan anak kedua dari enam bersaudara tamatan Institut Seni Indonesia (ISI) Padang Panjang, ketika diwawancarai Arif mengatakan keikutsertaannya dalam gelaran pemilihan wali Nagari Bawan merupakan ketekatan Bulatnya atas desakan dari banyak Pihak, termasuk dari Tokoh Masyarakat, pemuda, tokoh Agama dan Masyarakat luas untuk bisa mengabdi menjadi Wali Nagari, sebagai Calon Wali Nagari Bawan ia menyatakan mengusung Visi “Menuju Nagari Bawan yang Maju, Mandiri, dan Berdaya Saing”.

Arif menuturkan Visi yang diusungnya dibarengi dengan Dengan Beberapa Misi diantaranya meningkatkan pelayanan publik, pengembangan potensi lokal, Meningkatkan infrastruktur, Pengembangan Pendidikan, dan Pelestarian budaya dan lingkungan. Arif juga menambahkan bahwa peningkatan kualitas pelayanan publik di Nagari Bawan dilakukannya dengan cara mempercepat proses administrasi layanan Adminduk, memperbaiki sistem layanan yang ada dengan prinsip mudah cepat dan efisien, Ujar Tokoh Muda yang mencintai seni ini.

Misi yang kedua adalah meningkatkan Potensi Lokal dilakukan dengan cara mendukung pengembangan potensi lokal Nagari Bawan, seperti pengembangan di bidang pertanian, seperti meningkatkan potensi kelapa sawit dan Kelapa, dibidang pariwisata, Kita akan coba kembangkan Objek Wisata yang ada di Nagari Bawan seperti Sarasah diMalabur, Aia Terjun Padang Cakua, selain itu Arif juga menargetkan pengembangan kerajinan kerajinan loka yang bisa dikembangkan dari Olahan lidi sawit seperti keranjang, tas dan lain-lain.
Bentuk konkrit dari dukungan pengembangan potensi lokal yang dilakukannya Ketika dipercayai masyarakat sebagai Wali Nagari adalah dengan melaksanakan pelatihan-pelatihan kepada masyarakat, mendukung dalam pembiayaan dengan penganggaran di Dana Nagari, dan membantu pemasaran agar masyarakat dapat mengoptimalkan potensi mereka sehingga bisa meningkatkan lapangan kerja, kesejahteraan Masyarakat.

Dibidang Infrastruktur kita akan berupaya meningkatkan penguatan infrastruktur di Nagari Bawan, termasuk jalan, irigasi, saluran air, akses masyarakat terhadap listrik, dan telekomunikasi. Kami akan bekerja sama dengan pemerintah daerah dan pihak swasta untuk memperbaiki dan memperluas infrastruktur yang ada guna mendukung pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat, Ujar Arif.

Selain itu Arif juga akan mengupayakan focus di bidang pendidikan, dengan cara meningkatkan akses ke sekolah sekolah bagi Anak Nagari Bawan, dan mempromosikan kesadaran akan pentingnya pendidikan bagi anak-anak dan remaja,
Kami akan melindungi dan mempromosikan warisan budaya dan lingkungan Nagari Bawan. Kami akan menjaga kelestarian budaya lokal, mendorong kegiatan seni dan budaya, serta melaksanakan program pelestarian lingkungan dan pengelolaan sumber daya alam secara berkelanjutan, Ujar Arif yang dikenal sangat focus terhadap seni dan Budaya Minang ini yang terbukti memiliki grup sanggar Kesenian Minang.

Keinginan lainnya dari tokoh muda yang genap berusia 32 tahun di Bulan juni ini jika dipercaya masyarakat menjadi pemimpin Bawan enam tahun kedepan adalah meningkatkan partisasi masyarakat dalam pembangunan Nagari, mengupayakan peningkatan partisipasi aktif masyarakat dalam pembangunan Nagari Bawan, cara konkritnya Kami akan mendirikan forum-forum dialog, mengadakan pertemuan rutin dengan warga, dan melibatkan masyarakat dalam proses pengambilan keputusan yang berkaitan dengan pembangunan Nagari Bawan.

Diakhir pembicaraan, Arif mengatakan Dengan Pengalaman pernah dijalani di berbagai jabatan perangkat Nagari Bawan, mulai dari menjadi Kepala Seksi pemerintah Nagari Bawan, kepala Seksi kesejahteraan, Kepala Urusan keuangan, Kepala Urusan perencanaan, dan Sekretaris nagari, Inshaa Allah program program yang telah diurencanakan dapat kita realisasikan dengan dukungan segenap masyarakat, Ujar menutupi pembicaraan. (*)

Editor : Basa

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!