KPU Toba Menetapkan Jumlah DPT

KPU Toba Menetapkan Jumlah DPT

Balige Toba ( Sumut ) KOMPAS86. com- Rabu(21/06/2023) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Toba menetapkan jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT)
untuk Pemilu tahun 2024 sebanyak 149.484 pemilih. Jumlah ini tersebar di 16 Kecamatan dengan total jumlah TPS sebanyak 698 di 244 Desa/Kelurahan.

Penetapan jumlah DPT ini tertuang dalam berita acara Nomor : 379/PL.01.2-BA/1212/3/2023 yang ditetapkan lewat rapat pleno terbuka yang digelar di Sere Nauli Hotel Laguboti, Kabupaten Toba,Rabu (21/06/2024).

Ketua KPU Kabupaten Toba, Henry M.Pardosi saat membuka acara mengucapkan terima kasih banyak kepada Pemkab Toba atas bantuannya khususnya kepada ad hoc Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) untuk menyelesaikan tahapan sampai tahap ini. Kemudian disampaikan juga apresiasi kepada Bawaslu setempat atas data-datanya.

Selanjutnya akan menjalani tahapan lain setelah ini tetap bersinergi menyelesaikan tahapan ini, termasuk peranan Parpol, Sebutnya.

Meski DPT telah ditetapkan, jumlah ini bisa saja berubah. Perubahan ini akan selanjutnya akan masuk dalam DPK atau Daftar Pemilih Khusus. DPK ini nantinya akan dapat memilih dihari H dengan menggunakan KTP di atas pukul 12.00 WIB.

Terkait DPT tadi sudah ditetapkan. Terkait soal perubahan itu potensi untuk menjadi DPK (Daftar Pemilih Khusus) yang memakai KTP saat hari H, kata Sugar Fernando Sibarani selaku Komisioner KPU Toba yang membidangi Divisi Sosialisasi dan Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM usai menggelar rapat pleno.

Terkait soal jumlah TPS lokasi khusus KPU Toba menetapkan 4 TPS khusus, dua diantaranya berada di IT Del sementara dua TPS lain ada di Rumah Tahanan Balige.

Lokasi Khusus ada 4 TPS di IT Del dan di Rutan Balige, sebut Sugar.

Pada kesempatan tersebut, sejumlah partai politik yang hadir meminta agar Dinas Catatan Sipil memberi perhatian khusus kepada para pemilih potensial yang tidak memiliki KTP agar jemput bola, menanggapi permintaan tersebut pihak Catatan Sipil Kabupaten Toba yang telah melakukan program perekaman ke sekolah-sekolah bagi para pemilih potensial yang memasuki usia 17 tahun.

Rapat pleno terbuka penetapan DPT tersebut dihadiri oleh Komisioner KPU Divisi Perencanaan Data dan Informasi Charles Pangaribuan, perwakilan partai politik, Ketua Bawaslu Romson Poskoro Purba, perwakilan Forkopimda, Sekretaris Badan Kesbangpol Nelly A.D Tobing, Kabid Pelayanan Pendaftaran Penduduk Rumanta Simanjuntak yang mewakili Dinas Dukcapil, Kabid PIKP Rikardo Simamora yang mewakili Kadis Kominfo, ketua dan anggota PPK se-Kabupaten Toba.#

Jurnalis Josua napitupulu
Editor Basa#

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!