Kolaborasi Aksi Bergizi dan Tanggap Bencana Tim PKM-K FK UNP bersama IDI, IIDI, dan Perhimpunan Profesi

Kolaborasi Aksi Bergizi dan Tanggap Bencana Tim PKM-K FK UNP bersama IDI, IIDI, dan Perhimpunan Profesi

Padang, KOMPAS86.com – Tim “Filih”, Program Kreativitas Mahasiswa bidang Kewirausahaan (PKM-K) Fakultas Kedokteran Universitas Negeri Padang melakukan aksi sosial dan kemanusiaan melalui kolaborasi tanggap bencana bersama IDI Wilayah Sumatera Barat, IDI Agam, IDI Pasaman, Perhimpunan dan Kesejawatan Profesi; PDGKI, IDAI, PAPDI, PDPI, PERDOSNI, PERSPEBSI dan IIDI Padang di Kabupaten Agam pada dua lokasi yaitu Poskesri Galuang dan Kapalo Koto, Kabupaten Agam, Sabtu, 25 Mei 2024.

Dalam kegiatan ini, tim “Filih”, Fadhil Acedya Adhyatmoko selaku ketua tim beserta Figo Dwi Cahyo, Dita Zahratul Fathny, Salma Nasira Rusdha, dan Navila Samsa Volasoohy selaku anggota tim, menyerahkan “Filih”, Produk Inovasi Gizi Berbahan Pangan Lokal Ikan Bilih, untuk mencegah stunting, kepada anak-anak yang terdampak bencana galodo di dua lokasi, yakni anak-anak di TK Halimah Galuang dan anak- anak di Kapalo Koto dengan didampingi oleh Dosen Pendamping, Dr. dr. Zuhrah Taufiqa, M.Biomed yang sekaligus adalah Sekretaris IIDI Cabang Padang dan Koordinator Humas dan IT IDI Wilayah Sumatera Barat serta dr. Ainil Mardiah, Sp.GK sebagai perwakilan Tim PDGKI dan sekaligus Dosen FK UNP.

Penyerahan bantuan “Filih” ini dilakukan sebagai upaya dalam pemenuhan gizi untuk mencegah stunting pada anak-anak yang terdampak bencana galodo di dua lokasi, yakni TK Halimah Galuang dan Kapalo Koto di bawah koordinasi dr. Rhudy Marseno, Sp.BS, FINPS, FINSS, FICS

Selain itu, Tim PKM-K juga terlibat dalam agenda lain tim antara lain pelayanan kesehatan dan pengobatan oleh Tim Puskesmas Sungai Puar, PDGKI, PAPDI, PDPI, IDAI, PERDOSNI, PERSPEBSI, IDI Agam, IDI Pasaman dan IDI Sumbar, pemberian makanan kaya protein siap saji dan multivitamin oleh Tim PDGKI, dan penyerahan bantuan alat peraga edukatif untuk TK Halimah Galuang dan masyarakat Kapalo Koto dari IDI Sumbar.

Aksi ini dilakukan Tim “Filih” sebagai wujud kepedulian terhadap korban bencana Galodo di Sumatera Barat baru-baru ini. Antusiasme anak-anak saat menyantap “Filih” merupakan sesuatu yang luar biasa. Produk “Filih”, finger food ikan bilih yang merupakan hasil inovasi pangan lokal Sumatera Barat yang mengandung sumber kalori lengkap yakni karbohidrat kentang serta, protein dan lemak dari ikan bilih dan telur, diharapkan dapat menjadi terobosan dalam upaya penanggulangan stunting di Indonesia, khususnya Sumatera Barat.

(**)

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!