Dinas Perkebunan Lahat Mensosialisasikan Program Kerja Untuk Meningkatkan Getah Karet

Kompas86.com 15/06/2023
Lahat – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lahat melalui Dinas Perkebunan, menyambangi Pemerintah Desa (Pemdes) Nanjungan guna mensosialisasikan program kerja, terutama sekali untuk meningkatkan kualitas getah karet.

“Selama ini, petani karet apabila hendak dijual, maka getahnya dikumpulkan dan disatukan menggunakan produk lokal, yang jelas mutunya kurang baik, sehingga mempengaruhi harga jual,” jelas Kepala Disbun Lahat, Vivi Anggraeni SSTP Msi melalui Kepala Bidang (Kabid) Pengolahan dan Pemasaran Hasil, Destiawati Kartika SP, Selasa 13 Juni 2023.

“Nah, sambung Destiawati, apabila getah karet yang dipanen kemudian dicampurkan dengan cuka para, sehingga kualitasnya tidak baik.

“Alhasil, getah pun menjadi hitam, tidak padat dan terdapat gumpalan seperti gelembung yang tidak rapat,” terangnya.

Makanya, masih kata dia, petugas langsung jemput bola bertatap muka secara langsung, baik kepada pekebun maupun Pemdes.

“Di sini, Disbun ada produk yang bernama Sintal 90 yang telah diakui, sangat baik dan bagus sekali, apabila di campurkan ke dalam getah karet,” ulasnya.

Sehingga, sambung dia, getah karet pun menjadi padat, berwarna putih kekuning-kuningan, dan tidak terdapat gumpalan. 

Akan tetapi, dosis pemakaiannya mesti diatur sedemikian rupa, soal harga jual dipastikan bakal menguntungkan.

“Untuk mendapatkannya lagi, mesti menunggu waktu cukup lama, oleh karena itulah disarankan pemakaiannya secukupnya,” tandas Destiawati.

Sementara itu, Kades Nanjungan, Agung Saputra menambahkan, untuk pekebun di daerahnya memang banyak karet, yang mayoritas mata pencaharian penduduk disini.

“Dan masukan serta sosialisasi yang dilakukan Petugas Disbun, tentunya kami sambut baik, terlebih lagi kaitannya mengenai mutu serta kualitas hasil kebun,” ulasnya.

Dirinya berharap kepada pihak Disbun Lahat untuk memberikan pelayanan, dengan mengumpulkan pekebun agar mereka pun mengetahui produk (Editor Boby /Ujang A Tim/albar Red)

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!