Dinas Pendidikan Bintan, Inisiasi Inovasi P5 (Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila) Teh Sorgum dan Teh Sirih Merah

Dinas Pendidikan Bintan, Inisiasi Inovasi P5 (Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila) Teh Sorgum dan Teh Sirih Merah

 

Bintan (kepri) kompas86.com__, Dalam rangka pembelajaran lintas disiplin ilmu yang
bertujuan untuk mengidentifikasi dan merumuskan solusi terhadap permasalahan di lingkungan sekitar, Dinas Pendidikan Kabupaten Bintan bersama Pengawas Sekolah, Kepala Sekolah, Majelis Guru, Paguyuban Kelas dan Peserta Didik berinisiatif untuk membuat inovasi P5 (Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila) Teh Sorgum dan Teh Sirih Merah.

Menurut Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bintan, Nafriyon, Inovasi P5 ini bertujuan untuk memberikan kebebasan dan kemandirian pada peserta didik dalam menentukan pendidikan sesuai dengan minat dan Bakat. Hal ini juga Sebagaimana diajarkan oleh Ki Hajar Dewantara bahwa anak-anak didik
mesti didekatkan hidupnya kepada kehidupan rakyat agar mereka tidak hanya memiliki pengetahuan saja, tapi bisa mengalaminya sendiri.

Adapun hasil Inovasi berbentuk Teh Sorgum dan Teh Sirih Merah ini telah dilakukan di SD Negeri 004 Toapaya dan telah dilakukan sejak tahun 2023 dan dibuat oleh siswa setiap hari Sabtu setiap minggunya” Jelas Nafriyon, Rabu (10/7).

Sementara itu, Kepala Sekolah SDN 004 Toapaya, Rita Mardiani, juga mengungkapkan rasa bangganya. “Alhamdulillah, anak-anak sangat bersemangat dalam pembuatan teh pucuk sorgum dan teh pucuk sirih merah ini, bahkan inovasinya ini telah dinikmati bukan hanya bagi tamu yang hadir di sekolah, tetapi juga masyarakat sekitar dan juga dinikmati oleh sekolah – sekolah yang melaksanakan study tiru yang berada dalam Kabupaten Bintan juga dari sekolah kabupaten lain yaitu sekolah Batam begitu juga sekolah profinsi lain yaitu Sumatra Barat, bahkan juga rombongan study Tiru dari sekolah luar negeri yaitu Singapura dan Newzeland ikut menikmati rasanya
teh daun Sirih Merah dan Teh daun Sorgum yang sangat bermanfaat bagi kesehatan karena banyaknya permintaan dan rasa keingin Tahuan masyarakat luas yang ingin merasakan teh buatan anak – anak hasil Projek P5 itu akhirnya sekolah menyediakan tempat dan memiliki Kafe sekolah untuk menjual produk ini, namanya Mover Cafe SD Negeri 004 Toapaya.
Dari produk yang telah di buat anak -anak bisa membentuk karakter dan prilaku siswa dalam berwiraswasta melatih untuk kreatif,berpikir kritis,mandiri,tangguh dan inovatif serta memberi kesempatan nantinya untuk memiliki minat berwiraswasta untuk mengembangkan ide menjadi usaha kreatif dan inovatif seperti yang diinginkan kurikulum merdeka .

Darno

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!