Dakel, Jl Bogangin Diduga Gunakan Material Bekas. “Lurah Kedurus Kongkalikong dengan Kontraktor

Dakel, Jl Bogangin Diduga Gunakan Material Bekas. “Lurah Kedurus Kongkalikong dengan Kontraktor

Surabaya ( Jatim ) Kompas86.com

Melalui satuan kerja Kecamatan Karangpilang merealisasi anggaran bersumber APBD 2024, proyek Dakel (dana kelurahan) Kelurahan Kedurus untuk Pembangunan Jalan Paving Baru Lebar 2 m dan Saluran 30/40 dengan Cover Jenis: Pekerjaan Konstruksi
Metode: Pembelian Secara Elektronik WISNU PURWOWIYONO S.Sos Pembangunan Jalan Paving Baru Lebar 2 m dan Saluran 30/40 dengan Cover 100 JL. BOGANGIN GANG GINTEN RW 5 dengan anggaran Rp 165.000.561 02 dari APBD 2024. Januari 2024 30 April 2024 01 Mei 2024 30 Juni 2024

Berdasarkan pantau dan sumber dilapangan, Rabu (15/5), bahwa proyek Dakel di Jl Bogangin Gang Ginten RW 05, masih banyak ditemukan dugaan penyimpangan. Mulai dari spek, kastin untuk paving yang seharusnya baru tapi terlihat tampak kusam dan juga ada beberapa kastin ditumbuhi lumput hijau dan masih basah.

Selain itu, papan nama proyek juga tidak ada, atau sengaja dihilangkan. Yang mana melanggar undang-undang tahun 2008 no 14 (kIP) tentang keterbukaan infomasi publik, yang mana pekerjaan tersebut dari anggaran APBD 2024 wajib pasang papan.

Walaupun semua melanggar admintratif tapi tetap perlu digaris bawahi, bahwa penyedia jasa memanfaatkan demi keuntungan pribadi, sebanyak-banyaknya diluar batas kewajaran

“Gak tau mas, itu paving berasal dari mana, dan berapa anggaranya, proyek langsung dikerjakan. Banyak warga Bogangin yang menanyakan, proyek pemerintah kok tidak ada papan namanya? Terus siapa yang mengerjakanya. Apa proyek Siluman?” ujar Hendro warga Bogangin.

Beda lagi tanggapan warga setempat Haji Subahan, ‘Menurutnya sebelum pemasangan U-ditch terdapat galian dengan kedalaman sesuai kebutuhan, seharusnya kondisi kering beserta Sirtu pilihan halus dan dipadatkan posisi bawah U-ditch agar pemasangan sejajar lurus, tidak nampak naik turun, sesuai existing mendapatkan kedataran level jalan bahkan bila perlu tes dengan waterpass.

“Akan tetapi nampak ditiadakan oleh kontraktor pelaksana, dan nampak pekerjaan dipolos galian dan pasangan bahkan spasi pasangan tidak rapat terdapat rongga, U-ditch pabrikasi harus berlebel SNI dengan dukungan TKDN bila terabaikan terdapat pemotongan 15%,” ungkapnya

Kontraktor Pelaksana Edy Kuncir, saat ditemui di Putat Jaya, pada Minggu (19/5) mengatakan, proyek Dakel paving dan saluran, memang benar proyek saya.
Dan proyek tersebut, pengerjaanya sudah sesuai spek,

Camat Karangpilang Ir. Ipong Wisnue Wardono MM, saat dikonfirmasi pada Sabtu (18/5) mengatakan bahwa proyek Dakel itu kewenangan Lurah Kedurus selaku PPK, bukan kecamatan.

Sedangkan menurut Lurah Kedurus Wisnu Purwowiyono, saat dikonfirmasi pada Minggu (19/5) mengatakan, bahwa pekerjaan Dakel di Jl Bogangin Gang Ginten RW 05 pekerjaanya uda sesuai spek.
“Untuk pengerjaan paving, selama masih layak, ya tidak apa apa dipakai lagi tanpa ganti paving yang baru,” ujar Lurah Kedurus.

Budi ##

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!