Bupati Rohul H. Sukiman Hadiri Expo Pengawasan Intern 2023 di Jakarta

Bupati Rohul H. Sukiman Hadiri Expo Pengawasan Intern 2023 di Jakarta

Jakarta, kompas86.com – Bupati Rokan Hulu (Rohul) H. Sukiman menghadiri Expo Pengawasan Intern Tahun 2023 dengan tema ‘Inovasi dan Kolaborasi Pengawasan, Adaptif untuk Pertumbuhan Berkelanjutan’ yang diselenggarakan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP), di Gedung Sasono Langen Utomo, Taman Mini Indonesian Indonesia (TMII), Jakarta Timur, Senin (19/6/2023).

Peresmian Expo ini langsung diresmikan oleh Kepala BPKP Muhammad Yusuf Ateh. Ia berharap, dengan diadakannya Expo Pengawasan Intern 2023 ini, seluruh Aparat Pengawas Internal Pemerintah (APIP) bisa saling berkolaborasi.

“Kami (BPKP) selaku penyelenggara acara mengucapkan selamat ber-Expo, memperluas jaringan, bangun kemitraan, selamat saling mempromosikan pengawasannya,” jelasnya.

Ateh juga berharap, seluruh APIP yang menjadi peserta Expo 2023 bisa membuka peluang untuk berkolaborasi dalam bidang pengawasan. Selain itu, para APIP tidak luput untuk memberikan informasi mengenai peranan pengawasan internal di setiap instansi pemerintahan.

“Saya harap selain menginformasikan peran pengawasan intern kepada masyarakat, penyelenggaraan Expo ini juga dapat memperkokoh relasi kemitraan sesama aparat pengawasan intern, dan menjadi sarana berbagi pengetahuan tentang inovasi, dan praktik terbaik dalam pengawasan intern,” ucapnya

Lanjut Ateh, BPKP sebagai lembaga pengawasan juga mendorong para APIP di seluruh instansi pemerintahan dari tingkat pusat, daerah, dan kabupaten/kota serta BUMN, dan BUMD untuk saling berkompetisi dalam melakukan pengawasan. Hal itu dilakukan demi memastikan pembangunan berkelanjutan.

Usai mengikuti Pembukaan Expo Pengawasan Intern, Bupati Rohul H. Sukiman bersama BPKP Perwakilan Provinsi Riau meninjau Stand Expo Pengawasan Intern Inspektorat Daerah, Rohul Provinsi Riau, yang disambut langsung Inspektur Inspektorat Rohul H. Helfiskar SH MH, Sekretaris Inspektorat Rohul Ari Kurnia Arnold S.STP serta Para APIP Inspektorat Daerah Rohul.

Di Stand Expo Inspektorat Daerah Rohul ini menampilkan hasil kerja, hasil karya dan berbagai prestasi di bidang Pengawasan, yang mendapatkan sambutan dan animo yang sangat baik dari instansi pengawasan lainnya serta dari pengunjung Expo Pengawasan 2023.

Bupati Rohul H. Sukiman berharap kegiatan Expo Pengawasan Intern 2023 bersempena hari jadi BPKP ke 40, yang diikuti oleh Kementerian/ Lembaga/ Pemerintah Daerah berjalan dengan sukses.

Lanjutnya , APIP Kabupaten Rokan Hulu harus semangat meningkatkan kualitas pengawasan, merespon setiap perubahan yang terjadi secara adaptif, dengan menciptakan inovasi-inovasi dalam kegiatan pengawasan berbasis teknologi dan digitalisasi.
Selain dari BPKP dan Inspektur Jenderal Kementerian/ Inspektorat Utama Lembaga, pada Expo Pengawasan Intern kali ini hanya diikuti oleh 18 Inspektorat Daerah yakni 6 inspektorat provinsi, 2 inspektorat kota dan 10 inspektorat kabupaten dengan kualifikasi APIP telah mencapai level 3, dimana Inspektorat Kabupaten Rokan Hulu sebagai salah satu yang ditunjuk untuk ikut serta berpartisipasi .
Sementara itu, Inspektur Inspektorat Rohul H. Helfiskar SH MH berharap melalui Expo Pengawasan Intern ini dapat memotivasi APIP Rokan Hulu untuk selalu mengembangkan diri, meningkatkan kemampuan serta kualitas pengawasan, berkontribusi menciptakan tata kelola pemerintahan yang efektif, efisien, transparan dan akuntabel.

“Saya Inspektur Daerah Kabupaten Rokan Hulu mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada semua pihak yang telah mendukung keikutsertaan Inspektorat Daerah Kabupaten Rokan Hulu dalam Expo Pengawasan Intern 2023 ini kepada BPKP Perwakilan Propinsi Riau, Bupati dan Pemerintah Daerah Kabupaten Rokan Hulu para pengunjung stand Inspektorat Daerah Rohul dan APIP Rohul yang telah bekerja keras sehingga expo ini dapat diikuti dengan baik dan sukses,” pungkasnya.

#(MC/Kominfo/Kaliun)#

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!