BLT Desa Menjadi Modal Peningkatan Penghasilan Warga

BLT Desa Menjadi Modal Peningkatan Penghasilan Warga

BALIGE TOBA (SUMUT) KOMPAS86.com__,
Bupati Toba, Poltak Sitorus menyampaikan pesan agar warga penerima manfaat Bantuan Langsung Tunai (BLT) sumber dana desa tahun anggaran 2024, memanfaatkan bantuan pemerintah ini dengan sebaik-baiknya untuk menjadikannya sebagai modal peningkatan sumber penghasilan.

Pesan ini disampaikan Bupati Poltak Sitorus saat memberikan secara simbolis BLT tersebut kepada para keluarga penerima manfaat BLT di 4 desa pada Jumat (31/05/2024). Ke-4 desa ini dikunjungi secara beruntun.

“Tu sanggar ma amporik, tu lubang ma satua, Sinur ma napinahan, gabe na niula (semoga dilimpahkan keberhasilan usaha),” tutur Poltak Sitorus dalam umpasa Bahasa Batak.

Dipaparkannya BLT Tahap 1 periode Bulan Januari-Februari- Maret Tahun 2024 dengan total Rp.900.000 ini hendaknya juga dipergunakan kepala keluarga penerima manfaat untuk keperluan peningkatan pendapatan. Misalnya beternak ayam atau membeli bibit jagung.

“Ini adalah bentuk kehadiran pemerintah untuk stimulan peningkatan pendapatan masyarakat,” lanjutnya.

Desa pertama yang dikunjungi adalah Desa Pasar Lumban JuluĀ , Kecamatan Lumbanjulu. Kepala Desa B.J. Saor Manurung melaporkan bahwa jumlah penerima ada 33 orang.

Selanjutnya di Desa Simpang Siguragura, Kecamatan Porsea , sesuai laporan Kepala Desa
Syawal Manurung bahwa jumlah penerima sebanyak 61 orang.

Kemudian dilanjutkan ke dua desa di Kecamatan Uluan, dimulai di Desa Lumban Nabolon . Uniknya di desa ini, Bupati Poltak Sitorus dan rombongan disambut tarian tor tor oleh anak-anak PAUD setempat.

Kepala Desa John Ferry MT Sitorus melaporkan jumlah penerima ada 60 orang. Selain penyerahan BLT, pada kesempatan ini juga diberikan bantuan pupuk sebanyak empat zak kepada warga penerima manfaat.

Desa terakhir yang dikunjungi Desa Parhabinsaran Janji Matogu. Di tempat ini Bupati Poltak Sitorus disambut tarian tor tor oleh kelompok KKN mahasiswa Universitas Quality .

Sesuai laporan Kepala Desa Parhabinsaran Janji Matogu, Pransiskus Manurung bahwa jumlah penerima BLT di desa yang dipimpinnya sebanyak 45 orang .

Hasil pantauan di ke-4 desa ini, BPD dan warga menyampaikan ucapan terima kasih dan juga mengutarakan berbagai hal yang kurang atau diperlukan bagi pembangunan di desa masing -masing. Salah satunya perlunya perbaikan jalan di Desa Lumban Nabolon, Uluan di sekitar SMA Negeri Uluan.

#(Josua napitupulu)#

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!