295 Orang Jamaah Calon Haji Bukittinggi Resmi di Lepas Oleh Wali Kota

295 Orang Jamaah Calon Haji Bukittinggi Resmi di Lepas Oleh Wali Kota

Bukittinggi ( Sumbar ) KOMPAS86.com – Sebanyak 295 calon jamaah haji dari Kota Bukittinggi dilepas secara resmi oleh Wali Kota Erman Safar, Selasa (13/6/2023).

Pelepasan dilakukan di Rumah Dinas Wali Kota Bukittinggi, tampak Kepala Kantor Kemenag Bukittinggi turut hadir mengikuti kegiatan tersebut.

Wali Kota Bukittinggi Erman Safar mengatakan, kultur di negara lain itu berbeda dari Indonesia. Pelayanan yang baik menurut mereka, belum tentu baik pula untuk para jamaah lainnya.

“Jangan sampai kita berkecil hati, apalagi terkait layanan. Sebab, fokus kita ke tanah suci itu untuk ibadah,” kata Erman Safar saat melepas calon jamaah haji di Bukittinggi.

Terdapat banyak cobaan saat melaksanakan ibadah haji, salah satunya menurut Erman, berkaitan dengan perilaku dan perasaan saat berada di tanah suci.

“Ada banyak cerita saat haji itu, ada mereka yang dapat kesan baik dan bahkan sebaliknya saat melaksanakan ibadah haji ini,” terang Erman.

Sebab itu, Erman mengingatkan kepada calon jamaah haji dari Kota Bukittinggi, untuk selalu berdoa dan meneguhkan hatinya. Tidak menyombongkan diri dan selalu rendah hati.

“Banyak juga nanti di tanah suci itu, kita bakal mendengar info jamaah terlantar dan sebagainya. Jangan pula kaget, kita harus fokus ibadah,” pungkas Erman.

Sementara itu, Kakankemenag Bukittinggi Eri Iswandi menuturkan, seluruh calon jamaah haji dari Kota Bukittinggi telah dinyatakan siap secara administrasi dan kesehatan.

“Persiapan untuk berangkat ini sudah dilakukan sejak lama. Berupa pelatihan manasiknya, bimbingan hingga pengetahuan mengenai kondisi di Makkah,” kata Eri Iswandi.

Selain itu, kata Eri Iswandi, passport dan visa dari calon jamaah haji juga telah dilengkapi. Mereka bakal diberikan kelengkapan ini saat berada di asrama haji di Padang,” ungkapnya.

Eri Iswandi menerangkan, jamaah haji yang dari Bukittinggi bakal diberangkatkan ke tanah suci pada 19 Juni 2023 mendatang. Mereka, masuk bagian kloter 15.

“Hari ini kita lepas resmi, lalu pada 19 Juni 2023 nanti jamaah haji berangkat pagi hari ke asrama haji di Padang. Lalu, pada diniharinya langsung berangkat ke tanah suci,” pungkas Eri Iswandi.

( basa )

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!