Polres Tanah Karo Bersama Batalyon A Brimob Polda Sumut Laksanakan Upacara Tradisi Pengambilan Air Suci

Polres Tanah Karo Bersama Batalyon A Brimob Polda Sumut Laksanakan Upacara Tradisi Pengambilan Air Suci

Kab.Karo (SUMUT) KOMPAS86.com
Dalam rangka memyambut hari Bhayangkara ke – 77 01 Juli 2023, mendatang, Personil Polres Tanah Karo bersama Personil Batalyon A Brimob Polda Sumut laksanakan Upacara Tradisi Pengambilan Air Suci, Senin(12/06/23) pukul 11.00 WIB, bertempat di Danau Lau Kawar Kabupaten Karo.

Hadir dalam kegiatan Waka Polres Tanah Karo Kompol Aron Siahaan, S.H, Wadanyon A Brimobda Polda Sumut Kompol Daud Pelawi, S.H, Dandim 0205 TK diwakili Kasdim Mayor CBA. Jhony Siboro, Ketua PN Kabanjahe diwakili Panitera Efendi, S.H, M.H dan Kajari Karo diwakili Kasi Pidum D. Sipayung.

Upacara tradisi dipimpin Waka Polres Kompol Aron Siahaan, S.H, diikuti personil Brimob dan Polres Tanah Karo yang dilaksanakan di Kaki Gunung Sinabung, tepatnya di sumber mata air tepi kawasan Danau Lau Kawar, Desa Kuta Gugung Kecamatan Naman Teran Kabupaten Karo.

Kompol Aron Siahaan, S.H, menjelaskan, kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka menyambut hari Bhayangkara ke 77, yang mana sebagai bentuk penghormatan dan loyalitas anggota Polri serta wujud rasa cinta dan bangga terhadap tanah air Indonesia.

“Air Suci dari Lau Kawar ini nantinya digabungkan dengar air suci-suci yang lain yang berada di wilayah Polda Sumut”, ujar Kompol Aron Siahaan.

Dalam tradisi tersebut juga melibatkan tokoh adat dan tokoh agama setempat untuk kelancaran proses kegiatan pengambilan air suci.

Air suci dari Danau Lau Kawar diambil oleh Tokoh Adat yakni Simantek Kuta Bapak Pertibi Sembiring kemudian diserahkan oleh Waka Polres Tanah Karo dan selanjutnya diserahkan ke Wadanyon A Brimob.

Selanjutnya air suci, dikawal personil dengan membawa bendera merah putih untuk diantar ke Polda Sumut.

Air suci ini nantinya akan digunakan sebagai pembersih Panji Panji Polri, dalam rangka HUT Bhayangkara Bhayangkara ke 77 pada 1 Juli 2023 mendatang.

#Yogi Barus#

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!