Polres Jepara Siap Amankan Pertandingan Persahabatan Persijap vs PSIS Di Stadion Gelora Bumi Kartini

Polres Jepara Siap Amankan Pertandingan Persahabatan Persijap vs PSIS Di Stadion Gelora Bumi Kartini

Polres Jepara Jateng-kompas86.cim

Jepara akan mempunyai gawe besar dalam laga uji coba Persijap Jepara kontra PSIS Semarang. Dengan dipilihnya Stadion Gelora Bumi Kartini sebagai tuan rumah pada hari Minggu mendatang, Polres Jepara tidak tinggal diam, jauh – jauh hari sudah mempersiapkan diri untuk pengamanannya.

 

“Kami sudah melakukan rapat koordinasi persiapan pengamanan sepak bola antara Persijap Jepara Vs PSIS Semarang dengan mengundang Satbrimobda Polda Jateng, pihak managemen klub dan panpel, perwakilan dari masing – masing supporter kedua klub, instansi terkait seperti Kodim 0719/Jepara, Dishub, Satpol PP dan Dinas PUPR Kabupaten Jepara, Rabu (07/06/2023 kemarin. Tentunya Polri akan mendukung penuh pengamanan sesuai tupoksi kami sehingga laga uji coba dapat berjalan lancar. Kami jamin keamanan saat even laga persahabatan itu berlangsung di kabupaten Jepara,” ungkap Kapolres Jepara AKBP Wahyu Nugroho Setyawan saat dikonfirmasi, Sabtu (10/06/2023).

 

Kapolres juga mengatakan, 500 personel akan diterjunkan sebagai tim pengamananan yang terdiri dari Polres Jepara, BKO Sat Brimob Polda Jateng, BKO Sat Samapta Polres Kudus dan Demak, Kodim 0719/Jepara, Satpol PP, Dishub, dan security official dari panitia pelaksana.

 

Menurut Kapolres, Personel yang diturunkan sudah terlatih untuk melakukan pengamanan dan Standar Operasional Prosedur (SOP) sudah siap, sehingga kepolisian akan menjamin keamanan saat laga uji coba berlangsung.

 

Sementara itu ditempat terpisah, Kabag Ops Polres Jepara Kompol Sutono mengatakan, dalam pengamanan, pihaknya menerapkan Peraturan Polisi (Perpol) Nomor 10 Tahun 2022.

 

Dalam aturan ini, keamanan di dalam stadion mengoptimalkan steward. Apabila steward tidak mampu mengatasi maka polisi akan membantu.

 

“Kami menindaklanjuti Perpol Nomor 10 Tahun 2022 mengingat kejadian persepakbolaan kita yang pernah ada tragedi. Maka dari itu, di Jepara, kami akan menerapkan aturan tersebut,” kata Sutono

 

Berdasarkan Perpol tersebut, kata dia, area luar stadion akan steril dari kendaraan bermotor roda dua dan empat.

 

Pihaknya juga telah berkoordinasi dengan panpel untuk penyediaan kantong parkir di area luar stadion.

Dalam aturan ini, lanjutnya, pihaknya melakukan pengamanan di tribun suporter.

 

“Area di dalam stadion akan dikuasai panitia atau steward. Mohon kerjasamanya bahwa sepak bola ini (jangan sampai) terjadi kerusuhan,” imbuhnya.

 

Dia meminta suporter dan penonton umum memahami penerapan Perpol ini.

 

“Apabila aturan ini berhasil diterapkan dan membawa dampak bagus, bukan tidak mungkin laga uji coba Persijap vs PSIS menjadi percontohan,” tandasnya.

 

(Rud)

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!