Gaktiplin, Propam Polres Pekalongan Cek Sikap Tampang dan Data Diri

Gaktiplin, Propam Polres Pekalongan Cek Sikap Tampang dan Data Diri

Pekalongan (Jateng) Kompas86.com -. Agenda rutin yang dilakukan oleh Sipropam Polres Pekalongan dalam menertibkan anggota dilaksanakan usai apel pagi di halaman Mapolres, Senin (12/06).

Dikatakan Kapolres Pekalongan AKBP Wahyu Rohadi, S.I.K., M.H melalui Kasi Propam Iptu Mustajab, penegakan ketertiban dan kedisiplinan (gaktiplin) dilaksanakan dengan sasaran sikap tampang dan data diri serta gampol kepada seluruh anggota.

“Kami bersama Wakapolres dan PJU serta anggota Propam Polres Pekalongan memeriksa kerapian masing-masing anggota Polres Pekalongan. Mulai dari kerapian pakaian, sepatu, rambut dan kelengkapan surat-surat masing – masing anggota,” ujarnya.

Hasilnya, sejumlah anggota yang tidak sesuai dengan prosedur sikap tampang sebagai anggota Polri pun terciduk.

“Masih ada anggota berpakaian dinas yang rambutnya masih panjang dan berjenggot. Kami langsung menindak segera, dengan memotong langsung rambut dan jenggot. Nantinya akan dirapikan kembali oleh yang bersangkutan,” imbuh Iptu Mustajab.

Ia menegaskan, Hal ini sudah masuk dalam aturan dan ketentuan anggota Polri. “Jadi, memang sudah menjadi sebuah kewajiban anggota Polri untuk mematuhi aturan dan ketentuan yang ada terkait kerapian dalam berpakaian dan berpenampilan,” jelas Kasi Propam.

Lebih lanjut, ia mengungkapkan sesuai peraturan bagi anggota yang memakai pakaian dinas harus rapi penampilan mulai rambut dan pakaiannya. “Pemotongan rambut ini juga sebagai salah satu upaya penegakan disiplin anggota. Harapannya, kedepan tidak ada lagi anggota yang berambut panjang saat memakai pakaian dinas,” tegas Iptu Mustajab. (Mt)#

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!