Danrem 044/Gapo Ikuti Upacara Pembukaan Perkemahan Pramuka, “Bersatu Dengan Alam Rehabilitasi Kawasan Hutan dan Lahan Basah

Danrem 044/Gapo Ikuti Upacara Pembukaan Perkemahan Pramuka, “Bersatu Dengan Alam Rehabilitasi Kawasan Hutan dan Lahan Basah

Palembang ( Sumsel )
Kompas86.com

Danrem 044/Gapo Brigjen TNI Muhammad Thohir, S.Sos., M.M mengikuti kegiatan Upacara Pembukaan Perkemahan Pramuka bertempat di Bumi Perkemahan Pramuka Gandus JI. Talang Kemang Kec. Gandus Kota Palembang, Sabtu (3/2/2024).

Membacakan amanat Kasad Jenderal TNI Maruli Simanjuntak, M.Sc, Pangdam II/Swj selaku Inspektur Upacara mengatakan, “Kegiatan ini tidak hanya menjadi sarana untuk meningkatkan pengetahuan tentang kepramukaan, tetapi juga memberikan pemahaman tentang kesadaran terhadap lingkungan yang merupakan tanggung jawab moral seluruh lapisan masyarakat tanpa terkecuali anggota Pramuka”

“TNI AD melaksanakan pembinaan Kepramukaan Saka Wira Kartika sebagai bentuk tanggung jawab moral dan panggilan jiwa untuk membina serta membentuk generasi muda bangsa agar nemiliki karakter dan wawasan kebangsaan yang kuat sehingga menjadi generasi yang mampu dan mengisi kemerdekaan yang Berlandaskan Pancasila dan UUD 1945” lanjutnya.

“Kegiatan persami ini ditujukan kepada generasi muda untuk memberikan pengalaman dan menanamkan tentang nilai-nilai kejujuran, tanggung jawab, disiplin, serta kepedulian tentang melestarikan lingkungan dan alam sekitar. Oleh karena itu, melalui kegiatan ini diharapkan dapat mengembalikan fungsi hutan ke dalam perannya sebagai paru-paru dunia guna membangun kembali habitat alam dan ekosistemnya serta mencegah pemanasan global” ucap Kasad.

Lanjutnya, “Selaras dengan Tema Kegiatan Yaitu Bersatu Dengan Alam Rehabilitasi Kawasan Hutan Dan Lahan Basah, makna dari tema ini pun harmonis dengan poin dasa darma pramuka yang kedua berupa cinta alam dan kasih sayang sesama manusia”.

Mengakhiri amanatnya Kasad berpesan, “Kepada adik-adik sekalian agar mengikuti kegiatan dengan sebaik-baiknya ilmu yang nantinya didapatkan agar diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari dengan harapan akan menjadikan generasi muda bangsa yang disiplin, mandiri, memiliki semangat bela negara, serta rasa kepedulian dan bertanggung jawab terhadap kelestarian lingkungan alam sekitar” tutupnya.

Kegiatan upacara pembukaan tersebut dilanjutkan dengan penanaman pohon, pengobatan gratis serta pemberian tali asih berupa sembako kepada masyarakat yang tidak mampu.

Editor ( Hadi takri )

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!