Bangun Karakter Unggul Melalui Pramuka Prasiaga

Bangun Karakter Unggul Melalui Pramuka Prasiaga

Tegal Jateng-kompas86.com

240 anak ikuti kegiatan Gebyar Pramuka Prasiaga Taman Kanak-Kanak se-Kota tegal tahun 2023 ” Prasiaga Siap Menjadi Generasi Unggul dan Berkarakter ” kamis (15/06/2023) di Bumi Perkemahan Kota Tegal.

Dalam sambutannya, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Tegal yang diwakili oleh Kepala Bidang P2PNF, Drs Trismanto menyampaikan bahwa kegiatan gebyar pramuka prasiaga gembira hari ini adalah sebagai salah satu tindak lanjut program atas pencanangan pramuka prasiaga sebelumnya.

“Kegiatan pramuka prasiaga bertujuan sebagai membentuk dan mengembangkan karakter bangsa yang merupakan fondasi bagi keberlanjutan hidup berbangsa dan bernegara dan harus dilakukan sedini mungkin. Pramuka Prasiaga dilaksanakan untuk membentuk karakter melalui pendekatan bermain” ucap Trismanto.

Dirinya juga menyampaikan, sikap berani, jujur, tanggung jawab, sopan, berjiwa kesatria, merupakan nilai- nilai karakter yang harus ditanamkan sejak usia dini. karakter ini akan terbentuk dengan kuat, apabila dilakukan dengan melakukan pembiasaan sikap, perilaku dan ketrampilan secara berkelanjutan dan terus- menerus.

Pendekatan anak usia dini yang mengedepankan bermain sambil belajar dalam suasana yang menyenangkan. oleh karena itu,sesungguhnya karakter pada usia dini dapat dilakukan ,melalui pendekatan kepramukaan terhadap anak usia dini dalam bentuk prasiaga.

“Semoga Pramuka Prasiaga Kota Tegal terus berkembang dan memberi manfaat bagi tumbuh kembang anak usia dini dalam menyongsong genarasi emas pada tahun 2045 nanti” pungkas Trismanto.

Acara dilanjutkan dengan peninjauan tenda dan kesiapan peserta Gebyar Pramuka Prasiaga yang merupakan inisiasi dari Ikatan Guru Taman Kanak-Kanak Indonesia (IGTKI) Kota Tegal.

Pewarta Darysni

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!