Gelar Silaturahmi Bersama OKP dan BEM se Provinsi Sumatera Selatan, Irjen Rachmad Wibowo Pesankan Hal Ini.

Gelar Silaturahmi Bersama OKP dan BEM se Provinsi Sumatera Selatan, Irjen Rachmad Wibowo Pesankan Hal Ini.

Kompas86.Com 02/02/2024
PALEMBANG – Kapolda Sumatera Selatan Irjen A Rachmad Wibowo mengundang OKP (Organisasi Kemasyarakatan Pemuda) dan BEM (Badan Eksekutif Mahasiswa) dari perguruan tinggi se Sumatera Selatan, dilantai 7 Mapolda pada Jumat, (2/2/2024).

Dalam pertemuan yang dikemas _coffe morning_ tersebut, Rachmad Wibowo mengatakan tugas Polisi selalu bersinggungan dengan sendi sendi kehidupan masyarakat, ditambah sumpah anggota Polri sebagai Rastra Sewakottama sehingga tidak salah jika kelompok pemuda menjadi bagian dari pembinaan Polri.

Rachmad menyadari bahwa sumpah sebagai pelayan masyarakat, Polri dituntut aktif, sehingga kemudian bisa menimbulkan persepsi tugas Polri sebagai muara dari permasalahan.

Terkait issue yang banyak dibicarakan masyarakat, dihadapan 18 organisasi kepemudaan dan BEM, Irjen Rachmad Wibowo mengatakan bahwa illegal drilling merupakan salah satu issue yang belakangan banyak dibicarakan di Sumatera Selatan.

Terkait hal tersebut, Rachmad mengatakan bahwa hal tersebut tidak hanya menjadi tanggung jawab Polri saja. Ada instansi lain/terkait yang perlu mengambil peran untuk menyelesaikan persoalan.

Rachmad mengaku secara _pentahelix_, pihaknya memerlukan dukungan dari para akademisi termasuk mahasiswa.

“Mahasiswa dapat melakukan bussiness matching, seperti misalnya dalam penanganan illegal drilling yang tidak didukung anggaran. Mahasiswa bisa komunikasi dengan pihak Pertamina untuk bisa mendapatkan anggaran CSR (corporate social responsibility) dari Pertamina untuk kemudian turut secara aktif bisa membantu dalam penanganan illegal drilling,” ujar Irjen Rachmad.

Menyangkut penggelaran pengamanan pesta demokrasi yang sedang berlangsung, mantan Kapolda Jambi tersebut mengatakan pihaknya telah mempersiapkan untuk mengawal dan menjaga situasi yang kondusif diwilayah Sumatera Selatan bersama stake holder dan elemen masyrakat.

Rachmad mengatakan kebebasan hak memilih secara langsung umum bersih jujur dan adil sudah sesuai dengan keinginan para pemuda. Rachmad mengajak kaum muda termasuk OKP dan BEM untuk turut aktif menjaga situasi kamtibmas.

“Gunakan hak sebagai warga negara yang baik, jangan mudah terprovokasi, jangan mau dipengaruhi pihak manapun untuk kemudian melakukan kegiatan yang tidak rasional dan merugikan,” pesan Rachmad.

Sementara itu Ketua OKP, Rianto Widodo KNPI menyampaikan apresiasinya atas langkah dan tindakan nyata jajaran Polda Sumsel dalam upaya menciptakan kamtibmas.

“Kami menilai secara objektif dan kami apresiasi selama kepemimpinan Kapolda Sumsel, penindakan terhadap illegal drilling, narkoba, konflik sosial dilakukan secara masiv,” ujarnya.

(Boby)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!