Sungai Desa Perbesi – Limang Berpotensi Sebagai Objek Wisata Olahraga Arum Jeram

Sungai Desa Perbesi – Limang Berpotensi Sebagai Objek Wisata Olahraga Arum Jeram

Kab. Karo (SUMUT) KOMPAS86.com – Rafting atau Arung jeram adalah suatu aktivitas pengarungan bagian alur sungai yang berjeram/riam, dengan menggunakan wahana tertentu. Salah satu olahraga air yang sangat menantang dengan menggunakan perahu karet serta melewati jeram-jeram yang ada di sungai.

Dalam hal ini, Sungai Desa Perbesi, Kec. Tigabinanga, Kab. Karo, sebagai desa yang memiliki sungai yang indah. Di desa ini terdapat sungai yang berpotensi untuk dikembangkan.

Salah satu daya tarik utama desa ini adalah sungai yang mengalir di sekitar perhutanan, menciptakan peluang untuk mengembangkan berbagai jenis wisata.

Beberapa jenis wisata yang berpotensi di sungai desa ini adalah arum jeram, kolam renang, dan memancing ikan. Dengan pengembangan yang tepat, Desa Perbesi memiliki potensi untuk menjadi tujuan wisata yang menarik bagi wisatawan lokal maupun nasional.

Salah satu potensi menarik di desa wisata ini adalah arum jeram. Sungai yang mengalir di sekitaran hutan ini memberikan kondisi yang ideal untuk kegiatan arum jeram yang menantang.

Dengan memanfaatkan arus sungai yang kuat dan peralatan arum jeram yang sesuai, desa ini dapat menarik penggemar olahraga air ekstrim dan pecinta petualangan di Kabupaten Karo.

Pendirian pusat arum jeram yang dilengkapi dengan infrastruktur yang berpengalaman dapat menjadi daya tarik bagi wisatawan yang ingin mencoba pengalaman seru ini.

Selain arum jeram, pengembangan kolam renang juga merupakan peluang menarik di Desa Perbesi. Dengan aliran sungai yang ada, kolam renang dapat dirancang secara kreatif untuk menggabungkan elemen alam dan kolam buatan.

Desa ini dapat memanfaatkan keindahan alam sekitar dengan menciptakan kolam renang alami yang menyatu dengan lingkungan sekitar.

Pendirian kolam renang yang dilengkapi dengan fasilitas pendukung seperti tempat istirahat, kafe, dan area bermain air akan menambah daya tarik bagi keluarga dan wisatawan yang mencari kesegaran dan rekreasi di alam terbuka.

Desa Perbesi ini memiliki potensi untuk mengembangkan wisata memancing ikan. Sungai yang mengalir di sekitaran hutan ini menyediakan habitat yang baik untuk berbagai jenis ikan.

Dengan mengatur area memancing yang nyaman dan menyediakan fasilitas seperti peralatan pemancingan, tempat penjualan umpan, dan area bersantai, desa ini dapat menarik penggemar memancing dari berbagai daerah.

Wisatawan dapat menikmati kegiatan memancing sambil menikmati pemandangan alam yang indah dan menenangkan.

Untuk mengembangkan potensi wisata di Desa Perbesi, dibutuhkan kerjasama antara pemerintah, masyarakat, dan pihak swasta yang sangat diperlukan. Beberapa langkah yang dapat diambil antara lain:

Pengembangan Infrastruktur: Pemerintah setempat dapat berinvestasi dalam pembangunan jalan akses yang baik menuju desa dan fasilitas umum seperti toilet, tempat parkir, dan area istirahat. Ini akan memberikan kenyamanan dan kemudahan bagi wisatawan yang berkunjung.

Promosi Wisata: Pihak swasta dan pemerintah dapat bekerja sama untuk mempromosikan potensi wisata Desa Perbesi melalui media sosial, situs web, brosur, dan acara promosi. Informasi yang jelas dan menarik tentang wisata yang ditawarkan akan menarik minat wisatawan.

Pelatihan dan Sertifikasi: Dalam rangka meningkatkan kualitas layanan wisata, penduduk setempat dapat mengikuti pelatihan dalam bidang pariwisata seperti pemandu wisata, pengelolaan kolam renang, dan arum jeram yang aman. Sertifikasi juga dapat diberikan untuk memastikan bahwa layanan yang disediakan memenuhi standar keselamatan dan kualitas.

Pelestarian Lingkungan: Dalam mengembangkan wisata, penting untuk menjaga kelestarian lingkungan sekitar. Program pengelolaan sampah, penanaman pohon, dan pemeliharaan kebersihan sungai perlu dilakukan untuk memastikan keindahan alam tetap terjaga dan bisa dinikmati oleh generasi mendatang.

Dengan pengembangan yang baik dan komitmen dari semua pihak terkait, Desa Perbesi memiliki potensi untuk menjadi destinasi wisata yang menarik dan berkelanjutan. Wisatawan dapat menikmati petualangan arum jeram, kesegaran kolam renang, dan kegiatan memancing sambil menikmati keindahan alam sekitar.

Ini akan memberikan dampak positif bagi ekonomi lokal dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat, sambil menjaga kelestarian lingkungan dan budaya lokal yang kaya.

Jerry Sitepu, salah satu penggiat olahraga arum jeram yang pernah mengarungi sungai Desa Perbesi menuju Desa Limang Kec. Tiga Binanga, Kab. Karo.

Dirinya menyatakan bahwa ia sangat menikmati petualangan mengarungi sungai tersebut dan berencana untuk mencoba kembali wahana air tersebut.

Dengan keindahan alam yang memukau dan adrenalin yang membara, tak heran jika Pemkab Karo mau membuka destinasi wisata arum jeram di Tanah Karo ini, dan mungkin menjadi primadona bagi wisatawan yang ingin mengisi liburan panjang mereka.

“Peningkatan dan pembukaan objek wisata arum jeram menjadi harapan baru bagi penggiat arum jeram. Dengan dibukanya objek ini saya yakin Desa Perbesi dan Desa Limang akan semakin dikenal dunia luar” kata Jerry.

Selain itu, dirinya juga mengatakan jika objek wisata ini dapat dibuat maka mungkin saja untuk mendorong Pendapatan Asli Daerah (PAD), Kabupaten Karo, melalui pembukaan objek wisata arum jeram.

Tak hanya itu saja, jika destinasi ini dapat dibuka, maka tentunya akan memajukan Desa Perbesi dan Desa Limang dengan mendapatkan keuntungan seperti contohnya warga desa yang dapat bekerja melalui objek wisata tersebut ungkap Jerry.

#Yogi Barus#

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!