Sekdaprov Jatim Harap Kerjasama di FKD MPU 2023 Bisa Dirasakan Masyarakat

 

Surabaya,Jatim ( Kompas86.com)

Sekertaris Daerah (Sekda) Provinsi Jawa Timur, Adhy Karyono berharap Forum Kerjasama Daerah Mitra Praja Utama (FKD MPU) tahun 2023 ini bisa berdampak langsung bagi pertumbuhan ekonomi dan sosial bagi masyarakat yang bernaung dalam 10 Provinsi yang ikut FKD MPU bahkan seluruh Provinsi lainnya di Indonesia.

Hal ini disampaikan oleh Sekdaprov Jatim, Adhy Karyono usai melakukan Perjanjian kerjasama (PKS) di bidang Ekonomi, dan bencana dengan 10 Provinsi dikantor Gubernur Jatim jalan Pahlawan Surabaya 110, Kamis (16/3/2023).

“Kami harap usai Perjanjian kerjasama ini ada class action dari 10 Provinsi yang tergabung di FKD MPU, sehingga peran FKD MPU ini bisa dirasakan langsung bagi masyarakat. Dan Pemerintah Provinsi Jawa Timur siap melaksanakan PKS tersebut,”tegas Sekdaprov Jatim, Adhy Karyono.

Dijelaskannya, untuk bidang ekonomi perlu ditingkatkan perdagangan kerjasama antar pemerintah daerah. Dimana di Jatim sendiri ada program misi dagang yang dilakukan tiap bulan antar provinsi di Indonesia, dan Misi dagang ke Luar negeri tiap dua bulan sekali.

“Alhamdulillah sejak misi dagang yang sudah dilakukan di 34 Provinsi di Indonesia membawa manfaat bagi neraca perdagangan di Jatim mengalami kenaikan signifikan, dan juga saya minta agar Disperindag kedepannnya di tahun 2023 – 2024 juga menyiapkan misi dagang ke provinsi yang tergabung di FKD MPU,” katanya.

Ia juga menyampaikan, pertumbuhan ekonomi di Jatim, Jawa Barat, Jawa Tengah, D.I Yogjakarta, Bali di atas rata nasional dan ini menunjukan pertumbuhan ekonominya bagus. Maka itu pertemuan dan kerjasama di FKD MPU diharapkan menumbukan kembali ekonomi usai pandemi ini. “Di Jatim punya slogan jatim Optimis Bangkit. Jadi sekarang tidak hanya optimis bangkit tapi bangkit sebenarnya dengan pertumbuhan ekonomi di Jatim diatas ekonomi nasional,”katanya.

Sementara dibidang kebencanaan, Jawa Timur siap melakukan kolaborasi dan membantu provinsi yang mengalami bencana, baik secara logistik dan relawan.

“Saya minta kepada kepala BPBD provinsi Jatim harus siap membantu apabila ada bencana di Provinsi NTB, Jawa Barat begitu juga sebaliknya kepada provinsi yang tergabung di FKD MPU juga bisa membantu Jatim,” papar Adhy Karyono yang juga mantan sekjen Kemensos ini.

Selain itu juga, Adhy Karyono juga menyampaikan untuk hasil rekomendasi pertemuan FKD MPU ini bisa disampaikan kepada Gubernur – Wakil Gubernurnya, sekali lagi diharapkan pertemuan ini membawa hasil yang signifikan bagi pertumbuhan ekonomi, sosial, dan budaya, serta membawa kesejahteraan bagi masyarakat di daerahnya masing – masing.

(Ujang)

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!