Pj. Bupati Tanimbar Launching Penyaluran CBP Tahap II

Pj. Bupati Tanimbar Launching Penyaluran CBP Tahap II

Saumlaki (Tanimbar) KOMPAS86.com_
Penjabat (Pj.) Bupati Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Drs. Ruben Benharvioto Moriolkossu, M.M., melaunching penyaluran Cadangan Beras Pemerintah (CBP) untuk bantuan pangan tahun 2023 tahap ke-II yang diselenggarakan di Kantor Pos Saumlaki, Senin (19/06/2023).

CBP tahun 2023 tersebut bersumber dari Kementerian Sosial Republik Indonesia (Kemensos RI) yang diperuntukkan bagi seluruh masyarakat miskin sebagai Keluarga Penerima Manfaat (KPM) se-Indonesia, yang salah satunya di Kabupaten Kepulauan Tanimbar (KKT) yang berhak menerima bantuan.

Dengan di launching penyaluran CBP Tahap II kali ini, sebanyak 2 kelurahan, 82 desa, dan 2 dusun yang ada di Tanimbar akan mendapat jatah pembagian yang diperuntukkan kepada sebanyak 9.912 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang telah terdata pada 10 kecamatan di Tanimbar, dimana setiap KPM akan mendapatkan bantuan beras 10 Kg setiap bulannya selama 3 bulan.

Penyerahan awalnya dilakukan secara simbolis oleh Pj. Bupati Kepulauan Tanimbar kepada 20 KPM yang tergabung dari 4 desa, yakni untuk KPM di Desa Sifnana dan Olilit Raya, serta KPM pada Kelurahan Saumlaki dan Saumlaki Utara.

Melalui sambutannya, Pj. Bupati Kepulauan Tanimbar katakan bahwa Pemerintah Daerah (Pemda) KKT sangat menyambut baik, sekaligus memberikan apresiasi atas terlaksananya penyerahan bantuan CBP Tahap ke-II kepada masyarakat kurang mampu di Tanimbar. Hal itu menurutnya sangat bermanfaat karena dapat mengurangi beban perekonomian masyarakat sebagai penerima manfaat pangan, dalam bentuk upaya untuk menangani kerawanan pangan, kemiskinan, dan bahkan dapat membantu mengendalikan dampak inflasi yang terjadi di daerah.

“Pemda KKT menyambut baik dan memberikan apresiasi atas dilaksanakannya penyerahan bantuan pangan ini kepada pada keluarga penerima bantuan dalam rangka untuk mengurangi beban pengeluaran masyarakat penerima bantuan pangan, sebagai upaya untuk menangani kerawanan pangan, kemiskinan, dan bahkan dapat membantu mengendalikan dampak inflasi,” ujar Moriolkossu dalam sambutannya.

Menurutnya, salah satu upaya untuk meningkatkan akses pangan bagi masyarakat adalah melalui pemberian bantuan pangan yang bersumber dari CBP yang diberikan Kemensos RI seperti saat ini.

Sementara itu, dari data yang disampaikan Kadis Sosial KKT Yongki Soisa, bahwa untuk wilayah KKT sebanyak 9.912 KPM, dengan rincian untuk Kecamatan Tanimbar Selatan, bisa diambil pada Kantor Pos Saumlaki sebanyak 5.419 karung beras. Sedangkan untuk Kecamatan Tanimbar Utara dan sekitarnya dipusatkan pengambilannya di Kantor Pos Larat dengan jumlah 4.493 karung.

Kepala Kantor Pos Saumlaki, Yulius Mei Lando Gamgenora, yang turut dimintai keterangannya menjelaskan bahwa dalam proses penyaluran bantuan CBP tersebut, pihaknya bekerjasama dengan PT. Pos Indonesia dan dari Pemda turut dilibatkan dari dinas terkait, yakni Dinas Sosial dan Dinas Ketahanan Pangan setempat.

“Untuk penyalurannya, kami bersama PT POS Indonesia, khususnya Kantor POS Saumlaki yang akan menyalurkannya ke desa-desa yang ada bahkan hingga ke pelosok Bumi Duan Lolat ini. Ini merupakan penyaluran tahap kedua. Untuk tahap pertama kemarin sudah tersalur 100 persen,” tandasnya. Gambaran.

#Agus Masela#

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!