Pj Bupati Kepulauan Sangihe yang baru Pimpin Upacara Hari Lahirnya Pancasila Dan Apel Kerja Bersama Bulan Juni 2024

Kompas86.com, Sangihe, Sulut. Senin, 03 Juni 2024.

Pelaksanaan Upacara Bendera dalam rangaka memperingati Hari Lahir Pancasila di rangkaikan dengan apel kerja bersama ASN dan THL di lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Kepulauan Sangihe bulan Juni 2024 di pimpin oleh Penjabat Bupati Kepulauan Sangihe yang baru bapak Albert Huppy Wounde, SH, MH.

Pada kesempatan ini Pj Bupati Sangihe membacakan Sambutan Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Republik Indonesia.
Pada Tanggal 1 Juni 2024, kita memperingati hari lahirnya pancasila. Hari ketika Bung Karno sebagai Proklamator Kemerdekaan, Bapak Pendiri Bangsa, pertama kali memperkenalkan Pancasila melalui pidatonya pada tahun 1945 di depan sidang Badan Penyelidik Usaha – usaha Persiapan Kemerdekaan (BPUPK).
Peringatan hari lahirnya pancasila tahun 2024 ini mengambil tema “Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045”. Tema ini mengandung maksud bahwa pancasila menyatukan kita dengan segala perbedaan suku, agama, budaya, dan bahasa dalam menyonsong 100 Indonesia Emas yang maju, mandiri dan berdaulat.
Patut kita syukuri sebagai sebuah bangsa yang majemuk, Pancasila dan nilai – nilai yang terkandung di dalamnya menjadi bintang yang memandu kehidupan bangsa agar sesuai dengan cita – cita pendirian negara. Dalam momentum yang sangat bersejarah ini, saya mengajak Komponen bangsa dimanapun berada untuk bahu membahu membumikan nilai – nilai luhur yg menjunjung tinggi nilai – nilai inklusivitas toleransi, dan gotong royong. Keberagaman yang ada merupakan berkat yang di rajut dalam identitas nasional “Bhinneka Tunggal Ika”.


Pancasila harus senantiasa kita jiwai dan pedomani agar menjadi ideologi yang bekerja, yang dirasakan kehadiran dan manfaatnya oleh seluruh tumpah darah indonesia.
Perkembangan situasi global yang di tandai kemajuan teknologi komunikasi yang begitu pesat menjadi tantangan tersendiri bagi bangsa indonesia.
Pancasila diharapkan menjadi filter agar bangsa indonesia tidak mengalami disorientasi di masa depan. Pesatnya kemajuan teknologi informasi saat ini yang di tandai dengan masifnya penggunaan teknologi dan ponsel pintar (Smart Phone) dalam mengakses informasi melalui beragam media harus dapat dimanfaatkan secara bijaksana untuk menyiarkan konten – konten dan narasi positif yang mencerminkan aktualisasi nilai – nilai pancasila di tengah kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara Dengan semangat pancasila yang kuat saya yakin seluruh tantangan yang di hadapi bangsa akan di atasi.
Pada upacara lahirnya pancasila yang dirangkaikan dengan Apel kerja bersama ASN dan THL Kabupaten Kepulauan Sangihe bulan Juni 2024 Bapak Albert Huppy Wounde menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada seluruh jajaran ASN di Likungan pemerintah Kabupaten Kepulauan Sangihe yang tetap konsisten dalam pelaksanaan tugas dan pengabdian sebagaimana ditunjukan melalui kehadiran pada apel kerja bersama di saat ini.


Wounde juga menyatakan bahwa kehadirannya sebagai penjabat bupati kepulauan sangihe yang telah di lantik pada tanggal (29/05/2024) diharapkan semua jajaran boleh bekerja bersama – sama untuk membangun Sangihe dan boleh menyesuaikan dengan ritme kerja yang ada, dimana banyak hal yang harus dikerjakan. Butuh komitmen kuat dari semua elemen dalam mewujudkan birokrasi yang tanggap dan inovatif untuk membawa dampak positif bagi masyarakat.


Wounde juga mengajak seluruh ASN untuk terus beradaptasi dengan perkembangan teknologi melalui langkah – langkah inofatif. Dengan sinergi dan kolaboratif kita akan mampu mewujudkan pemerintahan yang berhasil membawa kesejahteraan daerah.
Semoga Tuhan Yang Maha Kuasa senantiasa menuntun dan menyertai kita dalam bekerja, berkarya, dan melakukan yang terbaik bagi bangsa dan tanah tampungang lawo yang kita cintai dan banggakan”. Tutup Pj Bupati Sangihe. (Arifin Lakoro)

Editor : JHM 07

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!