Perarakan Arca Kristus Raja Semesta Alam Singgahi Kantor Bupati Tanimbar

Perarakan Arca Kristus Raja Semesta Alam Singgahi Kantor Bupati Tanimbar

Saumlaki (Tanimbar) KOMPAS86.com
Umat Khatolik dari Paroki Olilit Barat menggelar acara prosesi Perarakan Arca Kristus Raja Semesta Alam, dengan mengarak Arca Kristus setinggi 2 meter diiringi lagu-lagu penyembahan dengan mengelilingi kantor-kantor Pemda KKT, termasuk kantor bupati setempat yang terletak di Jalan Ir. Sukarno Saumlaki, Senin (19/6)

Kegiatan ini seyogyanya dilaksanakan tiap tahun oleh umat Katolik di dunia, dan khususnya untuk Tanimbar disesuaikan dengan adat budaya setempat. Dimana umat dengan memanggul pentaktaan Arca Kristus Raja Alam Semesta, sambil berdendang penuh kegembiraan dan melakukan tarian penyembahan yang diakhiri dengan doa oleh pastor paroki.

Perarakan dipimpin langsung oleh Pastor Paroki RD. Ponci Ongirwalu Pr, dan diterima langsung oleh Penjabat Bupati Ruben Moriolkossu yang didampingi Ketua DWP Pemda KKT Ibu Reny I Moriolkossu.

Dalam sambutannya, Penjabat Bupati menyampaikan rasa syukurnya atas kunjungan tersebut, sehingga dirinya berharap dengan kehadiran Kristus Raja Semesta Alam di Pemda, dapat membawah berkat bagi pihaknya dan terutama bagi Tanimbar Bumi Duan Lolat tercinta ini

Olehnya dia mengaku, prosesi Tradisi keagamaan ini diharapkan menjadi simbol pemersatu umat sekaligus mendorong umat menjadi teladan dan melayani sesama.

Ritual terjadinya prosesi ini oleh Gereja Katolik yakni pada jaman dulu, umat manusia telah melupakan Tuhan dan memilih dosa dengan gaya hidup hedonisme sesat. Alhasil, Rasul Paulus mulai melaksanakan safari Kristus Raja untuk mengingatkan manusia akan apa yang diajarkan Kristus dan mengikuti teladan-Nya untuk selalu menyembah pada Allah.

Tradisi ini, bukan untuk menTuhankan patung atau arca, melainkan arca hanya dijadikan simbol dari Yesus yang datang sebagai Alfa dan Omega atau yang awal atau akhir dan Dia (Yesus) yang diutus Allah untuk membawah kedamaian bagi seluruh umat manusia di Bumi.

#Agus Masela#

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!