Pemdes Rengasdengklok Selatan Melestarikan Budaya Sedekah Bumi Di Alun-Alun Bojong Tugu Rengasdengklok

Pemdes Rengasdengklok Selatan Melestarikan Budaya Sedekah Bumi Di Alun-Alun Bojong Tugu Rengasdengklok

Karawang,JABAR,KOMPAS86.COM |
Sedekah Bumi adalah acara tradisi turun-temurun yang sudah dilaksanakan oleh warga masyarakat Desa Rengasdengklok selatan Kecamatan Rengasdengklok Kabupaten Karawang. sabtu/25/mei/2024.

Acara Sedekah bumi bertempat di alun – alun bojong tugu Rengasdengklok sebagai bentuk rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa dan sekaligus juga sebagai do’a permohonan masyarakat Desa Rengasdengklok selatan umumnya diberikan keselamatan, kesehatan, rizki yang melimpah, serta dijauhkan dari bala.

Pelaksanaan Sedekah Bumi melibatkan semua elemen masyarakat, mulai dari perangakt desa, para Ketua Rukun Tetangga, Ketua Rukun Warga, tokoh masyarakat, tokoh agama, Bhabinkamtibmas Polsek Rengas dengklok selatan Bripka H.Syarif Usman.S.H, Bhabinsa TNI Pelda Dahlan dan masyarakat Desa Rengasdengklok selatan.

Salah satu Sesepuh Desa Rengasdengklok selatan Cece,serta putra Alm Masrin Dede, mengatakan,
“Bahwa sedekah bumi adalah simbol penghormatan dan penghargaan masyarakat kepada Allah SWT  sebagai karunia kepada alam yang besar., tanah yang kita pijak setiap hari, kita buang kotoran di situ, kita tanam dan segala sesuatu yang kita lakukan maka kita perlu merawatnya dengan cara memberikan sedekah terhadap bumi kita ini”,  tuturnya.

Pemdes Rengasdengklok selatan Tajudin mengatakan “bahwa sedekah bumi bisa terlaksana karena sinergitas pemdes Rengasdengklok selatan beserta masyarakat Rengasdengklok selatan selama ini terjalin sangat baik bukti kemeriahan,antusias yang hadir begitu sangat meriah apalagi banyak menampilkan kesenian seperti ngarak dongdang, babaritan, debus, pengobatan phisioterapi,tutorial cara memakai ikat sunda, serta jiarah ke makam ki Masrin.

“Acara hari ini begitu padat karena tradisi sedekah bumi merupakan tradisi turun temurun yang di laksanakan di desa kami, kebutulan bareng dengan acara pengajian bulanan yang telah di program oleh pemdes Rengas dengklok selatan sebulan sekali, makanya setelah beres acara pengajian bulanan di Desa Rengasdengklok selatan, saya harus tetap menghadiri acara sedekah bumi sudah merupakan tanggung jawab saya sebagai kepala Desa untuk hadir berbaur dengan masyarakat Desa Rengasdengklok selatan yang saya cintai,tutur kades Rengasdengklok selatan Hj. Asih mintarsih.

( A.Qosim )

 

 

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!