Meski Belum Ada Ketetapan Resmi, Pedagang Naikkan Harga Minyakita

Meski Belum Ada Ketetapan Resmi, Pedagang Naikkan Harga Minyakita

Kompas86.com 

Pasuruan |Jatim | Di Kabupaten Pasuruan rata-rata seluruh pedagang menaikkan harga Minyak Goreng Kemasan Rakyat (Minyakita) di atas Rp14 ribu meski belum ada ketetapan resmi dari Pemerintah.

Di Pasar Bangil, semua pedagang kompak menjualnya di kisaran Rp15 ribu-Rp16 ribu per 1 kilogram. Begitu pula di Pasar Pandaan, kios-kios yang menjual Minyakita juga melakukan hal yang sama. Alasannya, mereka kulakan Minyakita pada sales-sales yang mendatanginya dengan harga di atas Harga eceran Tertinggi (HET), yakni Rp14.200.

Terhadap fakta itu, Pemkab Pasuruan melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) hanya bisa menghimbau agar pedagang tetap menunggu keputusan pemerintah menaikkan HET Minyakita.

Analis Perdagangan Disperindag Kabupaten Pasuruan, Subakti Utoma mewakili Kepala Disperindag Kabupaten Pasuruan, Diana Lukita Rahayu saat melakukan monitoring Minyakita di beberapa pasar daerah, Kamis (11/7/2024) mengatakan naiknya harga di tingkatan pedagang akhirnya membuat pasokan minyakita semakin menipis. Hampir 60% dari jumlah pasar di Kabupaten Pasuruan, stok minyakita sudah sangat berkurang.

Selain jumlah barangnya yang terbatas, Disperindag menurut Subakti juga menduga ada pihak spekulan yang memanfaatkan momentum tersebut. Untuk itu, pihaknya meminta para konsumen untuk bijak dalam membeli. Jika harga Minyakkita menyentuh level Rp17 ribu per liter, hendaknya tidak dibeli dan memilih membeli minyak goreng dengan merek lain yang masuk kategori minyak goreng premium. (Ujang)

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!