Masalah UP3 Pemda KKT Harus Bayar Apapun Resiko

Masalah UP3 Pemda KKT Harus Bayar Apapun Resiko

Saumlaki (Tanimbar) KOMPAS86.com
Pemerintah Kabupaten Kepulauan Tanimbar (KKT) dibawah pimpinan Penjabat Bupati, Ruben Moryolkosu dikabarkan siap membayar Utang Pihak Ketiga (UP3) yang sedang melilit  Kabupaten berjuluk Bumi Duan Lolat ini.

Informasi resmi yang diperoleh awak media ini saat melakukan peliputan langsung pada akselerasi pencegahan tindak pidana korupsi pada lingkup pemerintah daerah KKT yang berlangsung di pendopo Bupati Selasa (20/6) bersama kementerian keuangan RI secara vertual yang dihadiri seluruh OPD setempat.

Dalam sambutannya, Moryolkosu menegaskan terkait dengan berbagi indikasi tindak pidana korupsi yang terjadi di KKT harus dijadikan pelajaran berharga untuk seluruh OPD  agar kedepannya tidak lagi terjadi bahkan selalu berpatokan pada aturan main sesuai petunjuk sebagaimana dijelaskan dalam penjelasan yang disajikan saat ini.

Terkait dengan masalah utang pihak ketiga yang telah mempunyai kekuatan hukum tetap, merupakan tanggung jawab Pemda KKT untuk melakukan pembayaran atas perintah hukum yang sampai saat ini belum ada realisasi bahkan sempat menuai kontradiksi antara pihak ketiga dan Pemda KKT.

Sementara itu salah satu sumber yang enggan namanya dipublikasikan mengatakan, terkait dengan UP3 itu adalah kewajiban yang harus direalisasikan oleh Pemda KKT, apalagi hal ini adalah perintah hukum yang telah mempunyai kekuatan hukum tetap (inkcrat).  Menurutnya, kalau masalah UP3 tidak diselesaikan, maka akan berdampak pada sorotan masyarakat yang akan menggangu stabilitas pemerintahan itu sendiri, ungkap sumber.

Diakui, masalah UP3 adalah masalah krusial yang kini dihadapi Pemda KKT, sehingga apapun yang terjadi harus segera diselesaikan pembayaran kepada pihak yang telah menyelesaikan pekerjaan pembangunan dan telah dinikmati oleh Pemda dan masyarakat KKT sehingga untuk UP3 itu adalah wajib Pemda harus bayar sehingga bisa mengurangi beban Pemda dalam ini UP3, terangnya.

#Agus Masela#

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!