Kapolsek Selaru Pimpin Personel Padamkan Kebakaran Hutan dan Lahan

Kapolsek Selaru Pimpin Personel Padamkan Kebakaran Hutan dan Lahan

Saumlaki (Tanimbar) KOMPAS86.com
Kapolsek Selaru Ipda S. Matrutty bersama Personel berhasil padamkan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) yang terjadi pada Lahan milik salah satu Warga di Desa Adaut, Kecamatan Selaru, Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Senin (20/11).

Kapolsek Selaru Ipda S. Matrutty bersama personil awalnya mendapatkan informasi melalui Via Telepon dari salah satu Warga Desa Adaut yang sementara melintasi area tersebut dan menginformasikan bahwa telah terjadi kebakaran hutan dan Lahan sehingga meminta bantuan pada Kapolsek Selaru bersama Personil untuk melakukan pemadaman terhadap Kobaran Api tersebut.

Setelah mendengar Informasi dari Warga tersebut, kapolsek bersama Personel Polsek Selaru langsung bergerak cepat menuju ke lokasi Karhutla. Ketika tiba di lokasi kebakaran, Kapolsek bersama Personel langsung melakukan proses pemadaman.

Pada awalnya Kobaran Api tersebut sulit untuk dipadamkan disebabkan lokasi titik api sangat sulit dan sudah ditutupi dengan asap tebal, namun Kapolsek bersama Personel Polsek Selaru pun berhasil padamkan Api tersebut dan selanjutnya dilakukan proses pendinginan untuk memastikan tidak ada lagi titik api pada lokasi yang terjangkau api tersebut.

Kepada Media Humas, Kapolsek Selaru Ipda S. Matrutty mengatakan bahwa penyebab kebakaran diperkirakan ulah manusia yang yang kurang hati-hati dalam membakar sebagian lahan kebun dan lupa untuk memadamkan api tersebut, sehingga mengakibatkan api menjalar ke rumput-rumput kering dan menimbulkan kebakaran.

“Lahan yang merupakan salah satu Warga Desa Adaut ini, diperkirakan terbakar kurang lebih sekitar 1 (satu) hektar dan tidak ada kerugian yang diakibatkan oleh Kebakaran Hutan dan Lahan tersebut” ungkap Kapolsek.

Selain itu, Kapolsek menghimbau kepada Masyarakat agar lebih berhati-hati ketika melakukan pembakaran di Hutan, Pastikan Api tersebut padam sebelum pulang serta tidak membuang puntung rokok atau menggunakan api terbuka di lingkungan yang rawan kebakaran, terutama di lahan kosong. Selain itu juga Kapolsek mengingatkan untuk segera melaporkan kejadian yang mencurigakan atau melihat adanya tindakan yang dapat memicu terjadinya kebakaran.

Keberhasilan penanganan kebakaran ini menjadi bukti nyata bahwa kerja sama antara Kapolsek bersama Personel Polsek Selaru sangatlah penting dalam menjaga keamanan dan kenyamanan di Masyarakat. Diharapkan kejadian serupa tidak akan terulang kembali dimasa mendatang.

# Mas Agus #

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!