Guna Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik, Pemkab Limapuluh Kota Jalin Kerja Sama Dengan Pengadilan Agama dan Kementerian Agama

Guna Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik, Pemkab Limapuluh Kota Jalin Kerja Sama Dengan Pengadilan Agama dan Kementerian Agama

LIMAPULUH KOTA ( SUMBAR ) KOMPAS86.com. Penandatangan Naskah Kerja Sama antara Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil bersama Pengadilan Agama Tanjung Pati, Pengadilan Agama Payakumbuh dan Kemenag Limapuluh Kota telah mengukir babak baru, optimalisasi pelayanan terhadap hak masyarakat tentang dokumen pencatatan sipil, di saksikan langsung Bupati Limapuluh Kota H. Safaruddin Dt Bandaro Rajo , SH bertempat di aula Pengadilan Agama Payakumbuh di kawasan Pakan Sinayan Payakumbuh Barat, pada Jum’at ( 02/02-2024 ).

Sinergitas ketiga instansi vertikal tersebut dengan Pemerintah Kabupaten Limapuluh Kota Provinsi Sumbar memberikan manfaat yang besar terhadap hak masyarakat terhadap implementasi undang-undang tentang akta catatan sipil.

Bupati H. Safaruddin dalam sambutannya mengatakan, bahwa kerja sama dan penandatanganan naskah, merupakan implementasi untuk meningkatkan pelayanan masyarakat pencari keadilan secara prima melalui sidang isbath nikah, sidang keliling, sidang perkara lainnya dan perubahan data secara terintegrasi dan digital.

Adapun ruang lingkup kerja sama ini, diantaranya penerbitan dokumen kependudukan akibat perceraian, pernikahan dan asal usul anak.

Selanjutnya penerbitan dokumen kependudukan akibat pembatalan perkawinan maupun penerbitan buku nikah akibat putusan/penetapan pengesahan perkawinan.

Kerja sama dengan Pengadilan Agama dan Kementerian Agama, merupakan tindak lanjut dari implementasi Kelok Sambilan (Kepastian Hukum Lah Oke, Siap Ambil Data Kependudukan) yang memudahkan pelayanan masyarakat.

Kemudian daripada itu, kerja sama ini sebagai upaya percepatan pencapaian misi daerah terutama misi meningkatkan kualitas pelayanan publik melalui reformasi publik seutuhnya.

Terlebih kerja sama ini katanya, memberikan kepastian bagi 5000 lebih pasangan suami istri di Kabupaten Limapuluh Kota yang masih belum memiliki dokumen pernikahan.

Hal ini akan mempengaruhi dokumen Kependudukan lainnya jika tidak ditindak lanjuti sehingga hak warga negara dalam memperoleh dokumen kependudukan baik itu KK, KTP bahkan Akte Kematian juga akan ikut terdampak, kata Bupati H. Safaruddin.

Sementara di tempat yang sama, H.Irwan Kepala Kantor Kemenag Limapuluh Kota dalam mengapresiasi sekaligus ucapan terima kasih kepada Pemerintah Daerah melalui Dinas Dukcapil dan duo Pengadilan Agama yang secara bersama-sama mengkonsep untuk terlaksananya kegiatan ini.

Secara khusus Kakan Kemenag menyampaikan ucapan terima kasih kepada Bupati Limapuluh Kota yang selalu memberikan dukungan terbaik bagi terwujudnya layanan keagamaan yang berkualitas di daerah yang kita cintai ini.

Kementerian Agama memiliki komitmen yang kuat untuk terus bersinergi dan berkolaborasi dengan seluruh pemangku kepentingan dalam mewujudkan layanan publik yang prima bagi umat, kata Irwan.

Turut hadir dalam acara penandatanganan kerjasama ini, di antaranya Kepala Pengadilan Agama Payakumbuh Nurhema, Kepala Pengadilan Agama Tanjung Pati Rika Hidayati, Kepala Kantor Kemenag Limapuluh Kota Irwan dan Plt.Kepala Disdukcapil Limapuluh Kota Erinaldi.

Rel – Mardianto Anto

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!