Dongkrak Pariwisata Jepara, Polres Jepara Lakukan Hal Ini Di Museum RA Kartini

Dongkrak Pariwisata Jepara, Polres Jepara Lakukan Hal Ini Di Museum RA Kartini

Polres Jepara Jateng-kompas86.com

Polda Jateng – Personel Polres Jepara melakukan kegiatan revitalisasi dan bersih – bersih situs cagar budaya Museum RA Kartini, Jumat (16/06/2023). Museum RA Kartini merupakan salah satu cagar budaya yang dimiliki Kabupaten Jepara, Jawa Tengah.

 

Tepat pukul delapan pagi, anggota Polres Jepara berkumpul di halaman Museum RA Kartini. Sekitar 50 orang Polri dibantu anggota Kodim 0719/Jepara dengan pengurus museum membersihkan lingkungan di seputaran museum.

 

Dalam sambutannya, Kapolres Jepara AKBP Wahyu Nugroho Setyawan menyampaikan, “Hari ini kita akan melaksanakan kegiatan revitalisasi dan bersih – bersih situs cagar budaya museum RA Kartini Jepara, kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka memperingati hari Bhayangkara ke 77 tahun 2023 yang mana jatuh pada tanggal 01 Juli 2023,” ujarnya.

 

Lebih lanjut, Kapolres mengungkapkan dalam rangka menyambut hari Bhayangkara ini, Polres Jepara telah banyak melaksanakan kegiatan diantaranya donor darah, pelayanan kesehatan, pemberian santunan dan kegiatan kebersihan di tempat ibadah serta obyek wisata pantai.

 

Kapolres menambahkan bahwa kegiatan kerja bakti ini ikut menjaga peninggalan sejarah yang dimiliki Kabupaten Jepara, seperti museum RA Kartini.

 

“Kegiatan ini untuk bisa menjaga aset-aset pemerintah. Siapa lagi yang menjaga aset kita kalau bukan kita sendiri,” ucap Kapolres Jepara.

 

“Melihat situasi museum yang seperti ini, kalau tidak kita jaga dapat berdampak pada aset daerah yang ada di Kabupaten Jepara,” jelas Wahyu Nugroho Setyawan.

 

Wahyu kembali menjelaskan, harapan dari adanya kegiatan bersih museum dapat menumbuhkan kesadaran masyarakat untuk ikut serta menjaga aset peninggalan sejarah tersebut. Diharapkan masyarakat dapat ikut serta dan membantu kegiatan kerja bakti selanjutnya.

 

“Kami berharap masyarakat merasa memiliki aset sejarah yang kita miliki, semoga berikutnya masyarakat juga bisa ikut membantu,” tutup Wahyu.

 

Diakhir kegiatan, Kapolres Jepara AKBP Wahyu Nugroho Setyawan didampingi Wakapolres Jepara Kompol Berry dan Pejabat Utama memberikan bantuan berupa tiga buah tempat untuk cuci tangan kepada ibu Lia Supardianik (Sub Koordinator Sejarah Dan Kepurbakalaan Disparbud Jepara) selaku perwakilan pengurus museum untuk menambah fasilitas yang ada di museum Kartini Jepara.

 

Sementara itu, Lia Supardianik mengatakan, Kegiatan kerja bakti membersihkan peninggalan-peninggalan sejarah sangat memberikan manfaat. Museum yang bersih juga dapat menarik minat pengunjung untuk datang. Mengingat pengunjung museum RA Kartini cukup banyak.

Lia Supardianik juga mengungkapkan bahwa selaku perwakilan pengelola museum mengucapkan terima kasih kepada Polres Jepara atas bantuan tiga tempat cuci tangan untuk museum kami. Semoga dengan bantuan tersebut dapat bermanfaat bagi kami, dalam rangka pendukungan Jepara sehat, terangnya.

(Rud)

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!